Mohon tunggu...
ALDIKA BAYU SETIAWAN
ALDIKA BAYU SETIAWAN Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

πŸ‘‹

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Elemen Penting Terwujudnya Masyarakat Madani (Civil Society)

30 November 2022   21:55 Diperbarui: 30 November 2022   22:13 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : ayoksinau.com

Bentuk pemerintahan yang tunduk pada peraturan atau per undang – undangan dengan sistem yang transparan merupakan bentuk pelaksanaan tatanan sosial yang baik, mengacu pada prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta individu dengan hak dan Β kewajiban sosial. Dari uaraian diatas merupakan makna idealitas dari Masyarakat Madani atau yang biasa disebut dengan istilah lain Masyarakat Sipil (Civil Society).

Secara istiah Masyarakat Madani atau Civil Society Β berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti orang yang beradab, orang sipil. Sedangkan secara istilah bermakna masyarakat yang beradab, masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta masyarakat yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Masyarakat Madani atau Civil Society mempunyai tujuan menciptakan masyarakat yang tidak terhindar dari interaksi sosial yang mengarah pada menghilangkan diskriminasi dalam kehidupan sosial atau membeda – bedakan kelas. Selain itu Β Masyarakat Madani menjadi kekuatan penyeimbang terhadap masalah sosial kecenderungan dominasi negara, sehingga dengan begitu, tata kelola pemerintahan Β yang di harapkan seperti baik, bersih serta bertanggung jawab dapat terealisasi.

Masyarakat Madani terbentuk membutuhkan banyak elemen - elemen sosial yang sehingga Β terwujudnya tatanan masyarakat madani. Elemen – elemen sosial yang dapat membangun Masyarakat Madani, antara lain adalah

Pertama, Kebebasan rakyat dalam menyuarakan pendapatnya pada ruang publik secara bebas, seluruh masyarakatnya memiliki kebebasan partisipasi Β dalam kegiatan yang bersifat publik. Contohnya dalam pemilu masyarakat dapat memilih pemimpin wakil rakyat sesuai dengan keinginannya serta dapat menyalurkan pandangan sosial politiknya.

Tatanan pemerintahan dalam sosial politik sesuai dengan hakikat demokrasi Negara Indonesia sendiri yaitu politik berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan di peruntukan seluruhnya kepada masyarakat.

Masyarakatnya sangat menjunjung tinggi rasa saling menghormati, menghargai atau sikap toleransi yang tinggi. Dalam artian toleransi dalam masyarakat ini sebagai wujud ajaran moral yang menandakan bahwa kehidupan masyarakatnya berkualitas, beradab, serta masyarakatnya dapat menerima beragam perbedaan pandangan dalam kehidupannya.

Masyarakat saling berinteraksi satu dengan yang lainnya tanpa memperhatikan perbedaan yang ada dan tidak ada yang menghalanginya. Contohnya Suku, Ras, Budaya, maupun Agama.

Masyarakat memiliki kewajiban dan hak yang sama atau seimbang terhadap segala aspek keadilan sosial di dalam kehidupanya. Aspek keadilan sosial ini terdiri dari kehidupan politik, pengetahuan, ekonomi, dan kesempatan.

Dari uraian diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Masyarakat Madani ialah masyarakat yang beradab, orang sipil. Sedangkan secara istilah bermakna masyarakat yang beradab, masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta masyarakat yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun