ANALISIS METODE REALIS PADA PEMBELAJARAN SENI PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK DI SMPN 1 KARANGNUNGGAL
Aldi Ernawan
C1688209012
Jurusan Sendratasik
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Aldiernawan025@gmail.com
Â
ABSTRAK
Judul yang peneliti angkat pada penelitian ini adalah Analisis Metode Realis dalam pembelajaran seni peran untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik di kelas VIII SMPN 1 Karangnunggal. Permasalahan yang melatarbelakangi masalah ini yaitu, sering sekali siswa kelas VIII kesulitan dalam melakukan peran, Â dan memfungsikan tubuh (fisiknya) juga ide yang kreatif serta inovatif. Peneliti memandang betapa pentingnya meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui pembelajaran seni peran. Karena pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kelenturan tubuh dan juga respon tubuh serta dapat mengembangkan ide dalam pemeranan (akting). Siswa juga dapat belajar lebih percaya diri dan juga menyenangkan dalam pembelajaran ini sehingga suasana di dalam kelas tidak menjenuhkan. Sampel peneliti ini sebanyak 1 kelas dari kelas VIII.
Penerapan metode realis dari Stanislafski merupakan metode akting persentase yang mengutamakan identifikasi antara aktor dengan jiwa si karakter, sehingga proses transformasi akan berkembang menemukan sasarannya.