Mohon tunggu...
Aldi bolkiah
Aldi bolkiah Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Abadikan dirimu dengan Tulisan

Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Kekuatan Politik Media Massa dan Media Sosial

7 Juli 2021   13:41 Diperbarui: 7 Juli 2021   13:57 69 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kekuatan Politik Media Massa dan Media Sosial
media-interview-conept-group-journalists-holdig-microphone-interviewing-vip-12892-44-60e54ff415251064cd6f6d22.jpg

Peran media massa saat ini penting bagi semua orang. Media massa merupakan sarana dan saluran resmi, serta sarana berita untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Fakta ini berdampak besar pada kebebasan pers. Media massa adalah situasi kemajuan teknologi. Pengaruh pemikiran politik tidak terlepas dari media massa. Ada pula persaingan yang berusaha menjalin hubungan dengan media massa untuk menjamin kelancaran pesan politik yang ingin disampaikan.

Dalam perkembangan teknologi modern, transportasi dan internet. Misalnya, manjala, foto, dan video. Orang lebih mudah mencari informasi atau menyampaikan pendapat. Masyarakat dapat memperoleh informasi melalui media sosial. Yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di media sosial Facebook, Twitter, YouTube dan Instagram. Media sosial adalah sebuah situs web yang menggunakan internet untuk menghubungkan seseorang dengan orang lain, berbagi informasi, dan berkomunikasi dengan pihak lain melalui dunia maya. 

Elit politik berupaya memperkuat komunikasi politik untuk menarik simpati massa. Alasan banyak orang mencari karena memiliki kemampuan untuk membentuk opini kelompok masyarakat sesuai harapan mereka.  

Saat ini sulit mencari media yang netral, bahkan di negara demokrasi, tidak heran jika media yang ada biasanya mewakili kepentingan pemerintah atau partai politik tertentu.  

Oleh karena itu, sesuai dengan fungsinya, media seharusnya menjadi sarana untuk menonjolkan dan mentransformasikan nilai-nilai nyata, yang memungkinkan orang untuk melihat siapa dirinya. 

Namun pada kenyataannya, media kini lebih dominan menjalankan fungsi politik. Sekarang hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan politik dan pemerintahan dapat diperoleh dari website masing-masing institusi. 

Setiap warga negara Indonesia dapat langsung menyampaikan keluhan, tuntutan, dan harapannya kepada pemerintah atau pejabat pemerintah tanpa dibatasi ruang dan waktu. Di masa depan, Internet akan menjadi salah satu alat komunikasi yang paling berpengaruh, bahkan menjadi media komunikasi yang sangat baik, terutama di kalangan politik dan pemerintahan Indonesia.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x