Mohon tunggu...
Aldi arianto
Aldi arianto Mohon Tunggu... Mahasiswa pendidikan pancasila dan kewarganegaraan

Stkip ydb lubuk alung

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Perjuangan dan Hidayah

15 April 2021   15:00 Diperbarui: 15 April 2021   15:06 52 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perjuangan dan Hidayah
Dok. pribadi aldi arianto.

                                                                                                                                

Bagian 1

Fajar menyinsing di ufuk timur. Burung-burung bernyanyi dan menari dari dahan ke dahan. Angin meraung menemani udara pagi hari dan berbisik seakan- akan ingin menyampaikan salam kepada semesta. Kebun teh nan indah bagaikan permadani hijau yang terbentang dipegunungan menambah indah nya pemandangan .Sungguh indah Ciptaan-Mu ya Rabbku.

Dimensi waktu yang berlalu telah mengantarkan Dika ke medan perjuangan untuk bisa lolos ke perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Berbagai rintangan telah dilalui, jurang yang terjal telah ia turuni gunung yang tinggi telah ia  daki dan jalanan berduri telah ia lalui,tapi sayang semua perjuangan dan segala usaha yang ia lakukan belum bisa mengantarkan nya ke tujuan nya. Merasa putus asa dan berasa allah tidak adil ...? iya,seperti itulah yang ia rasakan . Tapi ia tidak pernah putus asa dan selalu berdoa agar selalu diberi kemudahan dan tidak putus asa dari rahmat-Nya.  Dika tetap berdoa agar selalu diberi kemudahan" Ya,allah ya tuhanku,jika kau tak memberi ku jalan untuk bisa meraih asa ku maka tunjukan dan permudahkan langkah ku untuk bisa merubah nasib ku dimasa depan".

Tepat tanggal 8 Agustus dimana bulan yang Dika tunggu-tunggu,karena ini penantian dan pendaftaran terakhir Dika untuk bisa mengejar  impan nya, Dika membuka portal pengumuman,"ya allah semoga aku bisa lolos dijalan yang terakhir ini" doa Dika sembari menunggu hasil. Dika membuka portal pengumuman alhasil yang ia dapatkan tidak sesuai yang ia harapkan  " Mohon maaf Anda tidak lolos jalur prestasi  bidikmisi" melihat tulisan dengan background merah bertuliskan anda tidak lolos Dika merasa seakan hidupnya sudah berakhir dan tidak ada yang perlu diraih dan dicapai lagi.  

Perjuangan dan usaha yang ia lalui belum membuahkan hasil dan jalan yang terakhir yang ia ambil saat ini adalah memasuki dunia kerja dan mencoba lagi ditahun berikutnya. Mengundur waktu satu tahun adalah hal yang ia tidak inginkan, tapi apa daya semesta punya cara dan dibalik itu pun semesta mungkin mempersiapkan jalan yang terbaik  untuk Dika. Kegigihan dan semangat Dika dalam dunia kerja tidak melupakan ia dari yang namanya belajar karena tujuan Dika memasuki dunia kerja adalah untuk mempersiapkan diri untuk memasuki perguruan tinggi yang ia impikan sekalius mencarinuag pendaftaran karena Dika tidak ingin menyusahkan orang tua.

Tidak terasa sudah satu tahun lamanya Dika bekerja dan pendaftaran untuk masuk perguruan tinggi negeri pun telah dibuka. Tiba saat nya Dika mengukir sejarah lagi yang mana pada tahun lalu ia belum berhasil lolos dan tahun ini ia bertekad harus lolos dan tidak ada lagi penundaan waktu dan persiapan selama satu tahun menambah keyakinan Dika untuk lolos dan ia pun tidak pernah meninggalkan kewajiban nya sebagai khalifah dibumi , doa disepertiga malam tak pernah ia tinggalkan.Hal inilah yang membuat Dika semakin yakin dan percaya bahwa ia akan lolos tahun ini.

Kini tiba saat nya untuk ujian sbmptn dengan optimis yang tinggi dan doa Dika yakin bahwa ia bisa menjawab dan yakin akan lolos tahun ini,karena ia yakin yang kuasa pasti memberi rezeki untuk tahun ini. Memasuki ruang ujuan Dika merasa deg-degan karena ii tahun kedua nya ia mengkuti tes.Dengan bismillah ujian ia mulai selama 180 menit ke depan. Tak terasa waktu ujian tinggal 10 menit lagi,Dika mereview lagi jawaban yag tertera dilayar komputer sembari menunggu waktu ujian selesai. Tet....Tet...Tet... bel tanda ujian telah selesai. "semoga tahun ini yang kuasa memberi ku rezeki untuk bisa lolos tahun ini" ujar doa Dika dalam hati sembari membereskan berkas-berkas  untuk pulang.

Akhirnya waktu yang dinanti telah tiba,dimana hari ini adalah hari pengumuman sbmtpn. Mengingat hari ini adalah hari pengumuman sbmptn Dika teringat kejadian ditahun sebelumnya,yang mana ia merasa kecewa dengan hasil yang tertera diportal sbmptn. Dan ditahun ini ia berharap tulisan background merah,bisa berubah dengan background hijau yang bertuliskan kata" Selamat anda lolos". Dengan rasa optimis dan yakin akan janji nya allah itu pasti Dika membuka portal dan mengecek hasil,Dika terharu dengan hasil karena apa yang ia harapkan dan ia perjuangkan selama ini membuahkan hasil yang ia harapakan selama ini. "Alhamdulillah Terima kasih ya Rabb ku apa yang ku harapakan dan segala doa yang ku sampaikan engkau menjawabnya" ucap syukur Dika.

Segala persiapan berkas-berkas untuk mendaftar ulang telah Dika lengkapi dan Pembayaran Ukt pun telah dilunasi,kini Dika menunggu waktu  untuk pertemuan awal kuliah atau yang dinamakan dengan PKKMB ( perkenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru ). Bulan September merupakan awal pertama Dika memasuki kampus yang diawali dengan pkkmb. Selama pkkmb yang ia jalani tiga hari lamanya yang ia jalani banyak yang ia dapati,pertemanan,lingkungan baru,dan hal baru lainnya.

Bagian 2

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x