Mohon tunggu...
Vio Aldianita
Vio Aldianita Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bismillah La Hawla Wala Quwwata Illah Billah.. Laa Tahzan Innallaha Ma'ana

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Nilai Budaya Saling Keterkaitan dengan Pola Pengasuhan Anak

22 September 2019   12:52 Diperbarui: 22 September 2019   12:57 0 0 0 Mohon Tunggu...

Budaya adalah tradisi turun-temurun yang ada dalam suatu masyarakat yang diturunkan dari generasi pertama ke generasi selanjutnya yang menjadi dasar kehidupan bermasyarakat. Dalam hal ini yang akan menjadi aspek yaitu pengasuhan anak usia dini dalam perspektif budaya. Anak sejak usia lahir sampai dengan memasuki pendidikan sekolah dasar merupakan masa yang sangatlah penting sekaligus menjadi periode-periode yang kritis dalam tahap perkembangan dan pertumbuhan anak dalam kehidupan sang anak baik masa sekarang maupun dimasa depan yang akan datang nantinya.

Pada periode ini merupakan periode yang sangat penting untuk menentukan perkembangan dan pertumbuhan anak selanjutnya yang sering disebut sebagai tahun awal dalam kehidupan bagi anak. Perkembangan dan pertumbuhan anak dalam masa ini berada dalam suatu kehidupan yang sangat rentan, sehingga peran keluarga anak sangatlah penting untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini terutama dalam pola pengasuhan yang baik bagi anak. Pengasuhan yang diberikan orang tua atau yang biasanya lebih dikenal dengan pola asuh orang tua yaitu merupakan sikap orang tua dalam berinteraksi, membimbing, membina, dan mendidik anak dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan menjadikan anak sukses menjalani kehidupan ini dan memiliki akhlak atau kepribadian yang baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat sekitar.

Maka oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa pola asuh orang tua yaitu pola pengasuhan orang tua terhadap anak, yaitu bagaimana orang tua memperlakukan anak, mendidik, membimbing dan mendisiplinkan serta melindungi anak dalam mencapai proses kedewasaan sampai dengan membentuk perilaku anak sesuai dengan norma adat yang berlaku dimasyarakat tersebut dan nilai yang baik yang tentunya sesuai dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Pola asuh orang tua sangat berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan anak kedepannya, sehingga kualitas anak biasanya tergantung bagaimana kedua orang tuanya melakukan pengasuhan yang baik bagi anak anak. Serta tanamkan nilai moral yang baik bagi anak sejak usia dini agar kedepannya anak memiliki perilaku yang baik bagi kehidupan lingkungan bermasyarakat  dan hingga sang anak berkeluarga di masa yang akan datang.

Nilai budaya adalah fondasi bagi manusia untuk menghindari hal yang tidak baik dari dunia luar yang biasanya terjadi karena persepsi sehingga perlunya membangun suatu kesadaran terhadap apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat dan berkeluarga. Hal yang tidak baik dari dunia luar yang dimaksud adalah adanya perbedaaan pandangan terhadap suatu obyek sehingga dengan adanya nilai budaya maka terdapat suatu standar atau acuan dalam memandang obyek yang dapat berupa ujaran, tutur atau perbuatan yang dilakukan dalam suatu kelompok masyarakat untuk menjalankan kehidupan bermasyarakat sehari harinya. Sehingga nilai budaya ini sering diterapkan oleh keduoa orang tua anak dalam melakukan pengasuhan anak dan ditanamkan sejak anak usia dini agar perkembangan dan pertumbuhan anak sesuai dengan nilai dan norma adat atau budaya yang berlaku dalam lingkungan masyarakat tersebut.

Nilai nilai budaya ini biasanya diajarkan oleh orang tua kepada anak terutama nilai berbudi pekerti dari cara menjalankan kehidupan, bertutur kata yang baik, dan hormat kepada orang yang lebih tua. Nilai budaya tidak akan pernah terpisahkan dari kehidupan bermasyarakat sampai kapanpun karena nilai budaya akan selalu diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya melalui pola pengasuhan anak yang sesuai dengan nilai budaya di masyarakat itu sendiri.

Pola asuh orang tua dengan memasukkan nilai budaya dalam pola pengasuhannya juga berguna untuk mempersiapkan anak kedepannya di masa yang akan datang yaitu anak dalam menghadapi kehidupan masyarakat di sekitarnya, bekerja maupun ketika anak sudah berkeluarga.  Nilai budaya berperan aktif dalam pembentukan moral dan kepribadian anak yang diajarkan oleh kedua orang tuanya sehingga anak akan memiliki moral dan kepribadian sesuai dengan budaya yang ada dilingkungan masyarakat sang anak. Oleh karena itu sebagai orang tua ajarkan anak nilai nilai budaya yang baik dan ajarkan anak dengan pola asuh yang terbaik agar anak kedepannya menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari kedua orang tuanya. Nilai budaya tidak akan pernah terpisahkan dari kehidupan bermasyarakat dan pola asuh anak hingga di masa depan.