Vio Aldianita
Vio Aldianita Pelajar Mahasiswa

Aku orangnya suka menulis karena menulis aku bisa mengungkapkan pendapatku maupun perasaan juga kritik

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Self Management yang Bisa Diajarkan pada Anak Usia Dini

2 November 2018   05:32 Diperbarui: 2 November 2018   05:56 188 1 0

Manusia memiliki akal, pikiran, nafsu dan perasaan yang tidak dimiliki mahluk lainnya. Sebagai ciptaan yang sempurna tentu manusia tidaklah dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Pribadi yang lekat dengan perilaku serta sikap yang baik dan normal tentu menjadi satu elemen yang penting dalah kehidupannya. Berikut ini perbedaan sikap dan perilaku dalam Ilmu Psikologi yang bisa Anda pahami.

Ada beberapa definisi dari self management, diantaranya "Self-management adalah proses dimana kilien mengarahkan sendiri perubahan tingkah lakunya dengan srategi terepeutik atau beberapa kombinasi strategi" (Cormier&Cormier, 1985:519). Self-management sebagai kontrol dari respon tertentu melalui stimulus yang dihasilkan dari respon lain pada individu yang sama yaitu melalui stimulus yang dibangkitkan oleh diri sendiri (Sydney W. Bijou, 1984). Mahoney&Thoresen mengatakan self-management berkenaan dengan kesadaran dan keterampilan untuk mengatur keadaan sekitarnya yang mempengaruhi tingkah laku individu (dalam Lutfi Fauzan, 1992:35).

Dari beberapa pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa. Teknik perubahan perilaku self management merupakan salah satu dari penerapan teori modifikasi perilaku dan merupakan gabungan teori behavioristik dan teorikognitif social.

Mengajari anak keterampilan self management berarti mengajarkan anak untuk terampil menyelesaikan tugas/aktivitas dan terampil untuk memonitor dan memperkuat karakternya.Tujuan mengajari anak keterampilan ini adalah untuk menumbuhkembangkan kepercayaan diri anak dan kemandiriannya.Orang tua harus mengajari anak baik lewat penyampaian, melalui teladan yang dicontohkan, via diskusi, dan lainnya. Sebagai orang-tua harus mengajarkan sejak dini sebagai tindakan preventif, yaitu sebelum anak mempunyai problem dengan tingkah lakunya. Berikut contoh self management yang bisa diajarkan oleh orang tua kepada anak :

1. Self Monitoring

Anak dapat memantau aktivitasnya, menandakan tugas yang sudah selesai dan tugas yang perlu ditindaklanjuti, dan seterusnya.

2. Self Evaluation

Anak dapat melakukan evaluasi apa-apa yang telah dikerjakannya, mengetahui hal apa yang menyebabkan tugasnya tidak selesai, dan melakukan tindakan untuk memperbaikinya.

3. Self Reinforcement

Anak dapat melakukan tindakan memperkuat diri sendiri dan memotivasi diri sendiri, anak tahan banting dalam menemukan tantangan dan hambatan, mencari jalan keluar agar menemukan solusi tepat bagi permasalahannya, mempunyai endurance/daya tahan tinggi dalam berusaha, dan lainnya.

Kesimpulan dari kemampuan self-management (kemampuan mengatur diri) dapat memperbaiki performa akademis, produktivitas anak, tepat waktu dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban, dan menurunkan masalah atau problem tingkah laku.Oleh karena itu keterampilan mengatur diri sendiri (self management skill) harus diajarkan dan dibiasakan pada anak sejak dini.