Mohon tunggu...
Aldi Alifian
Aldi Alifian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UMM

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Sering Bad Mood? Ini 5 Tips Penting Agar Mood Kita Selalu Positif dan Bisa Tetap Produktif Setiap Hari

22 Juli 2022   07:08 Diperbarui: 22 Juli 2022   07:15 104 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saat kita berhadapan dengan tugas yang menumpuk serta masalah di kehidupan sehari hari, kita seringkali merasa emosi dan juga jengkel. Hal tersebut yang menjadi awal dari terjadinya Bad Mood.

Kondisi Bad Mood bisa terjadi kepada seseorang kapanpun, bisa saja terjadi sangat singkat ataupun juga bisa terjadi selama berhari-hari. Tapi ternyata ada beberapa tips atau cara bagi kalian agar mood kalian bisa Kembali lagi, dan cara-cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan .

Yang pertama adalah mendengarkan musik, dengan mendengarkan music seseorang dapat merasa tenang dan juga mampu mengurangi stress. Hal tersebut sudah teruji dalam sebuah penelitian di beberapa universitas, music akan mengurangi pelepasan hormone kortisol atau hormone stress dalam tubuh. Selain itu music juga bisa dijadikan sebagai terapi untuk mengatasi masalah Kesehatan seperti gangguan emosional.

Yang kedua adalah dengan mengkonsumsi makananan seperti pisang, pisang adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan asam amino triptofan dan vitamin B6. Selain itu ada oatmeal, ikan, telur, coklat dan kacang-kacangan.

Yang ketiga adalah dengan berolahraga secara teratur. National Institutes of health (NIH) menjelaskan bahwa saat olahraga tubuh akan melepaskan bahan kimia atau hormone endorphin yang meningkatkan mood. Maka dari itu dengan melakukan olahraga secara rutin setiap hari, mood kita pasti bisa terjaga.

Yang keempat adalah bermain dengan hewan peliharaan. Hewan peliharaan seringkali menjadi penghibur atau mood booster Ketika pemiliknya sedang sedih. Contohnya seperti anjing, hewan peliharaan yang satu ini pandai mendorong pemiliknya agar berolahraga dan hewan ini dapat menenangkan pikiran pemiliknya.

Yang terakhir adalah melakukan tidur siang. Waktu terbaik untuk melakukan tidur siang adalah antara pukul 12.30 sampai 14.00. Dan kalian harus menghindari untuk melakukan tidur siang di sore hari, karena hal tersebut memiliki banyak efek negative seperti terkena penyakit jantung serta pembuluh darah. Dampak positif dari tidur siang tidak hanya itu saja lho, Ternyata tidur siang lebih efektif ketimbang kalian mengkonsumsi kafein.

Kesimpulannya, banyak sekali masalah hidup yang selalu merusak mood yang berujung badmood. Dengan beberapa tips di atas mungkin kalian bisa langsung belajar untuk mengontrol diri Ketika badmood secara langsung tiba-tiba terjadi. Namun jika muncul keinginan untuk menyakiti diri, segera untuk mengkonsultasikan diri ke psikiater. Karena psikiater akan memberikan penanganan yang tepat terhadap pasiennya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan