Mohon tunggu...
Aldho Bagus Satria PWK Unej
Aldho Bagus Satria PWK Unej Mohon Tunggu... Perencanaan Wilayah Kota

Mohon Maaf Jika Terdapat Artikel yang Kurang atau Salah karena semua masih belajar dan perlu berproses

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Multi Sektor Analisis

25 November 2019   21:50 Diperbarui: 25 November 2019   22:05 19 0 0 Mohon Tunggu...

Multi sektor analisis adalaah analisa Kualitatif yang menilai dalam pemfaktoran daya saing dalam berkontibusi pada pemngembangan Perwilayahan,Dalam penjelasan Msa yaitu caraatau metode untuk menilai daya saing dan resiko pada suatu Industri atau wilayah masa depan atau masa perkembangan selanjutnya.

Msa dalam pengaturan analisis perwilayahan digunakan sebagai agar mendapati nilai faktor dan Industri untuk juga mengetahui  kontribusi keunggulan kompetitif,mengetahui kekuatan  dan kelemahan dari sektor tersebut,untuk mengidentifikasi hubungan dan interpendensi dari faktor faktor yang mendukung.Teknik peranalisaan memiliki keterbatasan dalam memprediksi perkembangan ekonomi sektor sebuah wilayah.

Tantangan dalam analisis ekonomi wilayah dan perencanaan strategi sebagai untuk mengembangkan teknik analisa baru yang menggabungkan kuantitatif dan kulitatif wilayah. Namun MSA memberikan dampak baik dari sudut pandang sebab lebih baik pada faktor faktor daya saing wilayah daan untuk meminimalisir resiko resiko buruk yang akan dihadapi.

MSA pada masanya diterapkan diwilayah wilayah Australia dalam hal ini mengembangkan strategi Ekonomi,Memanajemen resiko resiko yang kemungkinan terjadi di masa mendatang.MSA kemudian juga diterapkan di Kota Chi Minh Vietnam guna menganalisis daya saing dan menunjang kebutuuhan infrastruktur perkotaan.Serta dalam pengaruhnya juga diterapkan di Amerika Serikat guna untuk mengembangakan strategi ekonomi dan analisis pertama.

MSA dapat digunakan dalam beberapa metode yaitu Anlisa Swot yang dimana hal ini bertujuan untuk megindentifikasi kesempatan atu kelebihan dari salah satu sektor Indutri yang dapat berpengaruh terhadap industri Lainnya dalam hal ini meningkatan daya Saing Perekonomian.

Namun dalam mengguunakan analisa swot inimasih terdapat kelemahan yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama dn jarang digunakan dalam Peranalisisan pengembangan Wilayah dan Perencanaan ekonomi.

Matrix theory digunakan untuk tujuan  analisis kualitatif, dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Matrix theory Digunakan untuk merepresentasikan serangkaian data yang lengkap dan tidak jarang juga digunakan untuk menyederhanakan notasi saat berhadapan dengan angka yang cukup besar pada suatu persamaan pengsektoran.

Keuntungan yang dapat diambil dari analisis teori matriks adalah dapat mengetahui faktor yang bisa dibanding pada sektor basis antar wilayah yang berkontribusi dalamdaya saing wilayah dan perkembangan ekonomi.

Manfaat dari hal penggunaan ini teori matriks ppada MSA merupakan  tujuan untuk mengkompilasi serangkaian indikator yang dapat  dipergunakan sebagai hal mengevaluasi daya saing sektor industri suatu wilayah dan menaksir faktor resiko apa yang mungkin muncul dari industri  sektor tersebut yang akan berdampak pada wilayah.

MSA dalam kegunaanya juga mengetahui faktor yang biasa dibandingkan pada sektor basis antar wilayah yang berkontribusi dalam daya saing wilayah dan perkembangan ekonomi.Serta Kelemahan yang di dapat dalam analisis Matriks Untuk mengkomplikasi serangkaian indikator yang digunakan untuk mengevaluasi daya saing sektor industri suatu  daerah  ataupun wilayah dan menaksir faktor faktor resiko yang mungkin muncul dari industri tersebut yang akan berdampak pada wilayah perekonomian.

Dalam manfaat yang dihasilkan dari pengunaan Faktor MSA yaitu Untuk mengetahui faktor-faktor dalam industri yang berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif ,Untuk mengukur strength dan weakness dari suatu sektor industri ,Untuk mengidentifikasi hubungan dan interdependensi dari faktor-faktor yang mendukung perkembangan industri ,Untuk mengidentifikasi kesempatan dan pasar baru untuk pengembangan ekonomi wilayah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN