Mohon tunggu...
Aldho Bagus Satria PWK Unej
Aldho Bagus Satria PWK Unej Mohon Tunggu... Perencanaan Wilayah Kota

Mohon Maaf Jika Terdapat Artikel yang Kurang atau Salah karena semua masih belajar dan perlu berproses

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Retribusi Jasa Usaha

30 Mei 2019   21:20 Diperbarui: 30 Mei 2019   21:40 0 1 0 Mohon Tunggu...

Arti retribusi yaitu suatu dana pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang disediakan khusus untuk diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan pribadi atau badan-badan tertentu. Hal tersebut diatur dalam UU No.28 tahun 2009. Berdasarkan dasar hukumnya, retribusi sudah diatur dan disepakati berdasarkan peraturan yang disahkan mentri , pemerintah,. Prinsip dari retribusi, kurang lebbihnya hampir sama dengan pajak. Bahwa retribusi sama dengan pajak dikarenakan keduanya ini memiliki unsur-unsur dan pengertian yang sama. Unsur -unsur yang dimaksud adalah sebagai berikut ini :
Imbalan atau prestasi dapat dirasakan secara langsung oleh pembayar retribusi
Pungutan dari retribusi harus berdasarkan Undang-Undang
Pemungutannya dilakukan oleh negara
Pungutannya dapat dipaksakan
Obyek retribusi adalah berbagai macam jenis jasa tertentu yang disediakan oleh pemerintah . Jenis-jenis jasa tertentu yang menurut pertimbangan social ekonomi  layak dijadikan sebagai obyek retribusi itu lah yang dapat dipungut retribusinya dan diberikan oleh pemerintah daerah. Tujuan dari adanya retribusi ini yaitu memberikan jasa atau ijin kepada masyarakat agar dapat melaksanakan kegiatan yang merupakan agendan mereka serta mendapatkan pelayanan dari pemerintah. Dalam hal ini, retribusi harus memiliki balas jasa kepada wajib retribusi yang harus dapat dirasakan secara langsung, contohnya retribusi kebersihan(sampah) manfaatnya dapat dirasakan langsung dengan diangkutnya sampah pembayar retribusi oleh petugas kebersihan. Sehingga dapat dilihat manfaat retribusinya.
Berdasarkan pernyataan diatas yang sudah dipaparkan, bahwa dapat ditarik kesimpulkan bahwa retribusi merupakan suatu dana pungutan daerah sebagai sebuah bentuk pembayaran atas jasa yang disediakan oleh pemerintah daerah yang di dapat oleh masyarakatnya.
Adapun macam macam retribusi yang salah satunya adalah retribusi jasa usaha. Retribusi jasa usaha merupakan jasa yang telah disediakan oleh pemerintah sebagai penunjang kesejahteraan masyarakatnya. Hal ini sebagai langkah untuk menyejahterakan masyarakat di suatu daerah tertentu. Retribusi jasa usaha telah disediakan oleh pemerintah untuk digunakan sebaik baiknya oleh masyarakatnya sehingga dapat membantu masyarakat dalam hal pelayanan jasa usaha untuk mereka kembangkan.
Retribusi jasa usaha adalah pelayanan yang disediakan oleh Pemerintah Daerah dengan menganut prinsip komersial. Retribusi Jasa Usaha ini sebuah retribusi yang retribusinya dikenakan pada pihak yang menggunakan jasa tertentu yang disediakan daerah untuk melakukan usaha serta mendapatkan keuntungan. Contohnya yaitu : pemakaian kekayaan daerah, penjualan produksi usaha daerah, pelayanan menuju peabuhan. Prinsip retribusi ini yaitu mengacu pada keuntungan yang diperoleh dari keuntungan perorangan ataupun badan penerima izin yang berorientasi pada harga pasar.
Pelayanan yang disediakan oleh Pemerintah Daerah menganut prinsip komersial meliputi :
Pelayanan dengan menggunakan atau memanfaatkan kekayaan daerah yang belum dimanfaatkan secara optimal.
Pelayanan oleh Pemerintah Daerah sepanjang belum disediakan secara memadai oleh pihak swasta.


Adapun beberapa contoh dari macam-macam jenis retribusi jasa usaha. Dibawah ini merupakan contoh-contoh dari jenis retribusi jasa usaha.
Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah.
Retribusi Pasar Grosir atau Pertokoan.
Retribusi Tempat Pelelangan.
Retribusi Terminal.
Retribusi Tempat Khusus Parkir.
Retribusi Tempat Penginapan/Pesanggrahan/Vila.
Retribusi Rumah Potong Hewan.
Retribusi Pelayanan Kepelabuhanan.
Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.
Retribusi Penyeberangan di Air.
Retribusi Penjualan Produksi Usaha Daerah.

Retribusi jasa usaha merupakan langkah pemerintah dalam rangka untuk memajukan kesejahteraan melalui jasa usaha. Retribusi jasa usaha diharapkan mampu untuk menjadikan langkah untuk masyarakat sebagai cara untuk memajukan kesejahteraan masyarakat di suatu daerah tersebut.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x