Mohon tunggu...
Aldentua S Ringo
Aldentua S Ringo Mohon Tunggu... Pengacara - Pembelajar Kehidupan

Penggiat baca tulis dan sosial. Penulis buku Pencerahan Tanpa Kegerahan

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Seandainya Puan Menjadi Bacapres PDIP, Siapakah Pasangannya?

22 September 2022   09:43 Diperbarui: 22 September 2022   09:49 202 14 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Seandainya Puan Menjadi Bacapres PDIP, Siapakah Pasangannya?

Ganjar hilang, Puan terbilang,  demikian sampul depan majalah Tempo terbaru beredar. Dibuat karikatur Mega menyetir dan Jokowi berada dibangku kiri depan dan Puan di kursi belakang. Ganjar berdiri di luar mobil. Sebuah gambaran kondisi faktual PDIP tentang Ganjar dan Puan.

Lalu tulisan kedua tentang seandainya ini muncul. Seandainya benar-benar PDIP (baca : Megawati) menetapkan Puan Maharani sebagai Bacapres, siapakah pasangannya menjadi Bacawapres? Itukah yang akan dibicarakan dalam pertemuan dan  lobby dengan Ketum Partai yang dikunjungi dalam safari politik PDIP berdasarkan penugasan Megawati?

Puan-Prabowo.

Dalam percakapan ketika berkunjung ke Hambalang, terbersit berita bahwa Puan meminta dukungan kepada Prabowo untuk menjadi Bacapres. Dan sekaligus meminta Prabowo menjadi wakilnya.  Hal ini diributin para pengurus DPP Gerindra.

Para elit Gerindra menganggap permintaan Prabowo menjadi pasangan Puan sebagai wakil dianggap sebagai pelecehan terhadap Gerindra yang sudah memutuskan mencalonkan Prabowo sebagai Bacapres, bukan sebagai Bacawapres. Dalam Rakernas Partai Gerindra hal ini telah dijawab Prabowo. Juga secara tersirat, koalisi Gerindra dengan PKB sudah memenuhi syarat ambang batas presidensial, tidak perlu harus mencari mitra koalisi, Prabowo sudah mulus menjadi Bacapres.

Dengan demikian, maka berpasangan dengan Prabowo sebagai paslon Pilpres Puan-Prabowo menjadi sesuatu yang sulit. Walaupun dunia politik selalu dinamis dan segala sesuatu mungkin terjadi, namun masalah ini sulit. Secara psikologis, Prabowo sulit menjadi Bacawapres bagi Puan Maharani.

Puan-Erick Thohir.

Dalam perkembangan terakhir, Erick Thohir juga mendatangi berbagai partai politik. Termasuk dengan PDIP, Erick sangat baik menjalin komunikasi. Apakah PDIP akan berkenan memasangkan Puan-Erick? Bagaimana peluangnya? Kalkulasi politik akan cermat dan patut menghitung lawannya.

Seandainya Ganjar-Sandi, Prabowo-Muhaimin, Anies-AHY  menjadi lawan dari Puan-Erick, bagaimana peluangnya? Jangan-jangan hanya ikut putaran pertama dan kalah, tidak masuk dalam putaran kedua. Ini butuh perhitungan matang. Menjadi pemenang pemilu legislatif yang cukup 19 persen, tetapi Pilpres harus diatas 50 persen. Ini sangat berat.

Puan-Andika

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan