Mohon tunggu...
Aldentua S Ringo
Aldentua S Ringo Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan

Penggiat baca tulis dan sosial. Penulis buku Pencerahan Tanpa Kegerahan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sibolangit, Dari Jambore Pramuka 1977 hingga KLB Demokrat 2021

5 Maret 2021   19:48 Diperbarui: 5 Maret 2021   19:55 277 34 2 Mohon Tunggu...

Sibolangit, Dari Jambore Pramuka 1977 hingga KLB Demokrat 2021.

Sibolangit sebuah daerah sejuk terkadang dingin tiba-tiba kembali terkenal. Satu daerah yang merupakan bagian dari Kabupaten Deli Serdang ini menjadi berita hangat dan panas. Kesejukan dan dinginnya daerah ini tak mampu meredam panasnya suhu politik bangsa ini karena KLB Partai Demokrat yang terjadi hari ini.

Sibolangit yang merupakan daerah pegunungan antara kota Medan dan Berastagi memang tempat yang sejuk dan bahkan cenderung dingin. Daerah ini sebenarnya sudah sangat terkenal dari sejak dulu. Berjarak 45 Km dari Medan dan berada ketinggian 864 meter diatas permukaan laut.  

Di Sibolangit terdapat sebuah lokasi Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit. Diresmikan Presiden Soeharto pada tanggal 3 Juli 1977 dengan nama Perkemahan Besar Jambore Nasional Pramuka 1977.

Tempat itu menjadi lokasi penyelenggaraan Jambore Nasional Pramuka Kedua  yang diselenggarakan 1-20 Juli 1977. Sudah 44 tahun yang lalu disana ada kegiatan nasional yang menghadirkan seluruh kwartir pramuka dari seluruh Indonesia. Itu Jambore Nasional kedua setelah Jambore pertama di Situ Baru Jakarta yang kemudian disebut Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur.

Bisa dibayangkan bagaimana Sibolangit seakan menjadi saingan Kawasan Pramuka Cibubur yang terkenal itu. Dan ketika Jambore Nasional Pramuka diselenggarakan tahun 1977, kawasan Sibolangit belumlah seperti kemajuuan sekarang ini. Dulu belum ada hotel di Sibolangit. Hotel dan villa banyak di daerah Bandar Baru, beberapa kilometer dari Sibolangit ke arah Berastagi. Dan juga hotel banyak di Berastagi.

Bandar Baru terkenal sebagai tempat menginap yang terkenal dan segala kebutuhan pariwisata tersedia di sana dan bahkan terkenal sebagai daerah maraknya prostitusi juga. Sebagai bagian dari pariwisata sampai ke Berastagi, Bandar Baru merupakan daerah yang memiliki magnet tersendiri.

Sibolangit, bukan saja terkenal karena Jambore Nasional Pramuka itu. Disini juga ada sebuah tempat berkembangnya sebuah pusat partisipasi dan pengembangan masyarakat dari Gereja Batak Karo Protestan (GBKP). 

GBKP sebagai gereja besar bagi orang Karo memiliki panti asuhan Suka Makmur di Sibolangit. Mereka memiliki daerah pertanian yang dikelola GBKP. Dari tempat ini juga dikembangkan Credit Union dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) milik GBKP. Sibolangit adalah inspirasi dan lokasi pengembangan partisipasi dan pengembangan masyarakat GBKP.

Hari ini, Sibolangit menjadi berita terhangat dan daerah paling terkenal di Indonesia, karena Sibolangit menjadi lokasi diselenggarakannya Kongres Luar Biasa Partai Demokrat. Semua pemberitaan politik tertuju ke Sibolangit. Para awak media berkerumun di sana.

Kisruh Partai Demokrat yang mengakibatkan kerusuhan antara pendukung AHY dan pendukung KLB ala Jhoni Allen Marbun, Damrizal dkk telah mengukir sebuah sejarah konflik Partai Demokrat disini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN