Jejen Al Cireboni
Jejen Al Cireboni Karyawan

Hidup adalah Perjalanan Cinta, mengisi perjalanan dan menuju perjalanan akan indah jika kita saling berbagi dan dan selalu menjaga hati untuk mengapai Cinta & RidhoNya

Selanjutnya

Tutup

Hijau

Cara Mengobati Ikan Gurame Banyak yang Mati, Supaya Kembali Sehat dan Bongsor

14 Juni 2017   13:44 Diperbarui: 14 Juni 2017   13:54 4726 0 0
Cara Mengobati Ikan Gurame Banyak  yang Mati, Supaya Kembali Sehat dan Bongsor
dokpri

Ikan gurame itu adalah ikan herbifora , si pemakan tumbuhan. Dari direktur sampai kondektur menyukai daging ikan gurame, selain rendah kolestrol juga daging ikannya itu sedikit durinya . Maka wajarlah segala makanan berbau gurame itu jadi primadona di rumah makan.

Di luar negri ikan gurame dijadikan sebegai ikan hias, secara teori memelihara ikan gurame itu mudah, selain mudah mencari makanannya juga kita bisa menyiapkan makananya disekeliling kolam seperti daun talas, daun kangkung atau daun boled juga daun singkong. Begitu juga tingkat adaptasi ikan gurame terhada air keruh pun gurame masih bisa hidup dengan baik.

Tapi gurame lebihbagus dan lebih sehat hidup di kolam yang kena sinar matahar ilangsung dengan air yang hangat karena sinar matahari.

Saat pertama kali budidaya ikan gurame kadang kita terlalu bernafsu ingin cepat panen ,tapi dalam gurame untuk cepat panen dalam hal pembesaran ini memerlukan waktu yang lumayan panjang , beda dengan budidaya gurame buat pembibitan ini lebih cepat panennya tapi harus meiliki skill yang lumayan dalam perguramian.

Karena terlalu bernafsu membeli kopan/konsentrat yang paling mahal dengan kadar protein terbanyak dan memberikan makanan berlebihan kepada gurae dan ujung-ujungnya guramenya jadi tidak mau makan dan dasar kolam pun kotor . Dan ini adalah salah satu kesalahan pemula budidaya pembesaran gurame.

Ikan gurame mati di kolamnya itu bisa karena beberapa sebab bisa jadi karena curah hujan yang tinggi sehingga ikan gurame menjadi stress , air yang terlalu dingin , PH air yang berubah dan juga karena penyakit yang menyerang gurame akibat airnya kotor, keadaan dasar kolam yang kotor karena banyak sisa kotoran ikan gurame dan juga kotoran sisa sisamakanan khususnya makanan pabrik yang bereaksi menjadi Amoniak yang menyebabkan racun kepada gurame yang ada di dalam kolamnya. Ya sepertisaya diawal dulu terlalu bernafsu agar gurame cepat besar makanya dikasih makanan yang berlebihan eh ujung-ujungnya malah jadi kena penyakit.

Dan yang parah juga adalah ketika gas amoniak banyak di dasar kolam sedangka nplakton-plakton di kolam habis dimakan gurame atau juga mati kerena lingkungan yang sudah tidak mendukung kehidupan plakton maka jelas sudah gurame juga akan kekurangan oksigen dan keracunan amoniak. Dan juga bisa menimbulkan bakteri-bakteri jahat juga kutu air yang menyerang sirip juga ekor ikan yang ujungnya ikan guramej adinya luka dibagian sirip,ekor dan yang parah menyerang ingsang ikan dan jangan kaget dan jangan sakit kepala juga jangan panik kalau ikan-ikan gurame kita temui dikolam itu berenang miring-miring dan ujung-ujungnya mengambang di kolam.

Dan orang-orang awam bilang guramenya mati karena tarung dengan temannya atau tarung dengan ular,padahal guarmenya mati karena serangan kutu air yangmenyerang sirip ekor dan ingsang.

Keadaan air di kolam kerena curah hujan yang tinggi juga bisa menyebabkan jamur tumbuh subur dan ini bisa mengurangi kesehatan ikan-ikan gurame . 

Dasar kolam yang sudah kotor juga bisa berefek gurame menjadi matanya besar dan ujungnya matanya akan keluar dari tempatnya, dan gurame bergerak lebih lamban dan ujung-ujungnya akan mati.

Maka langkah yang paling baik adalah mengganti air kolamnya minimal 1/3 atau ½ danl ebih bagus lagi kalau semuanya , dan teknik yang baik adalah mengurasnya dengan 2 pompa air, 1 pompa digunakan untuk membuang air yang lama yang ditempatkan didasar supaya yang bawah-bawah kolam kesedot dan 1 pompa lagi di gunakan untuk mengasih air baru dengan dibanjurin Probiotik BIOGAN minimal ½ liter dan lebih banyak   bagus lagi.

Banyak orang juga untuk mengatasi masalah ini dengan memberikan garam dapur ke kolamikan , dan lebih bagus lagi juga ditambahakan Probiotik Biogan agar lebih sehat lagi ikannya dan tetap menjaga nafsu makan ikan,memperbiki lingkungan  kolam , menghilangkan stress ikan dan mencegah akteri-bakteri jahat untuk hidup serta mengandung hormon pertumbuhan sehingga ikan-ikan gurame lebih bongsor.

Dan ada juga yang menggunkan obat khusus anti jamur, anti luka dan sebaginya sebagianya tapi akan lebih baik lagi juga ditambah probiotik biogan , karena bukan cuman hama yang ditekan perkembangannya tapi juga ikan-ikan guramenya dikasih suplement , dikasih anti bodi kuat terhadap penyakit. 

Juga pada waktu penyiapan kolam , bagusnya dan memang sudah terbukti luar biasaikan-ikan gurame lebih sehat dan bongsor itu pada awal penyiapan kolam , kolam disempot dengan probiotik biogan atau lebih parktisProbiotik Biogan dikasih pada waktu pengairan pertama untuk pembuatan plakton.

penyiapan air baiknya dikasih probiotik biogan / dokpri
penyiapan air baiknya dikasih probiotik biogan / dokpri

Sewaktu tetangga –tetangga banyak ikannya mati dan yang lain ikan-ikan guramenya itu tidak mau makan , Alkhmdulilah dengan penambahan probiotik biogan iniikan-ikan gurame tetap stabil mau makan bahkan sangat brigas seperti dalam televisi ikan-ikannya tebang.Karena saking senangnya makan sewaktu dilemaparin konsentrat .

Probiotik BIOGAN membuat ikan-ikan gurame lahap makan tapi juga membuat ikan-ikan itu jadi tambah gesit . 

So, kapan Anda maumencobanya sendiri Probiotik Biogannya ?

Probiotik Biogan membuat ikan gurame cepat bongsor dan gesit / dokpri
Probiotik Biogan membuat ikan gurame cepat bongsor dan gesit / dokpri