Jejen Al Cireboni
Jejen Al Cireboni Karyawan

Hidup adalah Perjalanan Cinta, mengisi perjalanan dan menuju perjalanan akan indah jika kita saling berbagi dan dan selalu menjaga hati untuk mengapai Cinta & RidhoNya

Selanjutnya

Tutup

Hijau Pilihan

Tips supaya Padi Tidak Rebah

14 Maret 2018   05:00 Diperbarui: 14 Maret 2018   06:05 817 0 0
Tips supaya Padi Tidak Rebah
Ilustrasi: Tribunnews.com

Mengapa Padi Rebah? Bagaiamana supaya padi tidak rebah? Bagimana juga supaya padi ini tidak mudah rebah oleh hujan dan angin?

Jawabnya adalah pilihlah bibit yang unggul.Misalnya untuk musim hujan dan sering kena luapan air karena di pinggir tanggul dan parit maka pilihlah bibit yang tahan akan banjir. Lalu kalau tetap menggunakan bibit yang unggul masih juga padi ini rebah kenapa ?

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Nah, kalau soal ini biasanya karena pemupukan yang tidak tepat dan juga tidak berimbang. Umumnya petani itu suka dengan padinya berwarna hijau makanya biasanya berlebihan menggunakan pupuk urea yang tidak tepat dan tidak berimbang.

menangani padi yang rebah (Dokumentasi Pribadi)
menangani padi yang rebah (Dokumentasi Pribadi)

Begitu juga penggunaan Pupuk Organik Cair yang tidak tepat dan tidak berimbang unsur haranya , lalu penggunaannya yang kurang tepat. Ini juga pernah saya ketahui ketika saya sendiri menyampaikan kepada seroang teman yang menjadi PNS pertanian atau PPL di Kecamatan Gegesik Cirebon.

Waktu saya terangkan saya memiliki POC ,lalu dia menceritakan kalau POC umumnya itu kebanyakan mengandung unsur Nnya ,ini  menyababkan tumbuhan kususnya padi akan cepat hijau dan tumbuh cepat tinggi tapi sayang kalau kena angin atau hujan akan mudah rebah.Nah sekarang silahkan Bapak ,Ibu  lihat sendiri kandungan Nnya apakah diatas 20 % atau 30% dari isi botolnya.

Makanya dalam pemupukan itu dibutuhkan tepat komposisinya,tepat waktunya dan tepat jumlahnya. Banyak juga karena ingin memacu kecepatan tumbuh padi semakin memperbanyak komposisi dan kualitas penyemprotan POC dan ditambah pupuk kimia hasilnya memang bagus padi hijau dan tumbuh tinggi tapi sayang pada saat keluar buah padinya itu tidak serempak , dan pada saat ada hujan seperti saat ini malah jadinya rebah.

Dan ingin hati supaya padi itu bagus tapi malah membuang waktu dan energi yaitu dengan cara mengikat padi-padinya,tapi sayang seminggu kemudian hujan datang lagi padi-padi pun rebah. karena komposisi dan perkambangan padi yang tidak merata ,baik akar ,batang dan buahnya .Kalau akarnya tidak kuat,kalau batangnya tidak kekar maka berisi padi juga kena aingin akan rebah.Makanya gunakan POC yang tepat komposisinya seperti POC Biogan dan juga pemupukan yang berimbang. Dan ingat jangan percaya sebelum mencobanya sendiri.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Dengan penggunaan POC Biogan yang tepat juga tentunya pemupukan yang berimbang sesuai kebutuhan maka tanaman padi akan lebih kuat terhadap hujan dan angin karena akarnya kuat,batangnya lebih kuat dan kekar akan kuat melawan angin dan hujan dan tentunya juga lebih elastis terhadap hujan dan angin ini. 

Dan kalau akarnya kuat,batangnya kuat dan maka buahnya atau bulir padi yang berisi semua di setiap malainya juga akan lebih kuat disangga batangnya.Bahkan tidak hanya lebih kuat terhadap angin dan hujan supaya tidak rebah.Tapi juga oleh hamadan penyakit tanaman padi.

Cerita ini berawal dari seroang teman yang menceritakan lagi ,kalau tanaman padi yang sudah diobatin berbagai macam obat-obatan tapi tidak ada kemajuan juga,setelah itu mencoba biogan dan libas dan tidak disangka ternyata padinya lebih banyak yang terselamatkan dan bisa panen.

Ini yang dialami oleh Pa Udin yang memiliki sawah di Indramayu. Ingat jangan percaya sebelum Anda mencobanya sendiri. Bila Ingin Oke Gunakan pupuk Alami yang Nyata BIOGAN

kenapa padimudah rebah (Dokumentasi Pribadi)
kenapa padimudah rebah (Dokumentasi Pribadi)

Padi yang rebah tidak hanya lebih susah dipanen tapi juga akan mengurangi hasil panen sebab kemungkinan besar akan semakin banyak yang tercecer di tanah. Dan yang lebih memilukan adalah apabila padi-padi yang rebah ini padinya tumbuh jadi padi baru. 

Dan apa tidak kasihan dengan orang yang memanennya atau menyabitnya ? Dan apa tidak sayang banyak padi yang tercecer nantinya dan ini tentu bisa mengurangi keuntungan .