Jejen Al Cireboni
Jejen Al Cireboni Karyawan

Hidup adalah Perjalanan Cinta, mengisi perjalanan dan menuju perjalanan akan indah jika kita saling berbagi dan dan selalu menjaga hati untuk mengapai Cinta & RidhoNya

Selanjutnya

Tutup

Hijau

Budidaya Lele Sukses Tanpa Ganti Air sampai Panen

7 Maret 2018   00:00 Diperbarui: 7 Maret 2018   00:31 8764 1 0
Budidaya Lele Sukses Tanpa Ganti Air sampai Panen
Budidaya ikan lele tanpa menguras air dan tanpa bau (dokpri)

Air tidak berbau dan tidak perlu dikuras sampai panen. Bisa kita bayangkan misalnya air kolam itu harus dikolam,tentu ini akan menambah biaya dan tenaga.Dengan penggunaan probiotik Biogan yang dicampurkan ke dalam pakan ditambah air ,yang dicipratkan merata pakan lalu di angin-anginkan baru di kasihkan ke ikan.

Degan cara ini lebih irit pakan juga lebih irit biaya. Dan yang utama adalah hasil feses ikan bisa diuraian dan tidak berbahaya bagi kehidupan ikan-ikan itu sendiri.

Bukan rahasia bila kita kelebihan memberikan makanan konsentrat atau makanan pabrik ini keikan dan ikan tidak memakannya sampai habis ini juga akan mengotori air kolam dan akan membuat ikan-ikan lebih rentan terkena penyakit. Jadi kuncinya adalah kita harus tepat memberikan makanan untuk ikan-ikan lele ini.

Air tidak berbau dan lebih aman dan akrab lingkungan (dokpri)
Air tidak berbau dan lebih aman dan akrab lingkungan (dokpri)
Air kolam lele di dalam balong terpal ukuran  di meternya 8 - 4 dan ini terbukti tidak bau airnya ,saat Bapak Sujana , seorang ahli perikanan di daerah kabupaten Cirebon dan juga memiliki banyak kolam lele bundar di daerah Plumbon ini. Dan saat saya silaturahmi juga  beliau sedang membuat kolam-kolambaru di depan rumahnya , karena beliau mendapat orderan 5 ton dalam seminggu.

Tingkat mortalitas pada hama dan penyakit turun sekitar 90% ,ini terbukti dengan hampir tidak ada ikan yang mati akibat cuaca dan penyakit .

Selain itu Pa Sujana juga mempunyai tenik tersendiri pada balong-balong terpalnya,yaitu beliau membuat 2 saluran pembuangan ,1 saluran pembuangan kotoran ikan dan sisa makanan ,dan terbukti dengan penambahan probiotik biogan sisa pembuangan air ini tidak berbau sama sekali.

Dan yang ke 2 itu adalah pembuangan air untuk lendir-lendir sisa konsentrat,nah igin lebih jelas ya silahkan tanyakan langsung ke Pa Sujananya di desa Pesanggrahan blok Karanga Anyar Plumbon Cirebon Jawabarat, karena maaf waktu saya main kesana waktunya terbatas dan Pa Sujana juga harus pergi ada keperluan dan Alkhamdulilahnya ada mas bro Indra ,menantunya Pa Sujana yang mau bercerita langsung tentang lele-lele Mutiaranya dan efek probiotik Biogannya.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Bila Ingin Oke hasil ikan dan udangnya Gunakan probiotik Alami yang terbukti Nyata hasilnya ,yaitu probiotik Biogan,probiotik yang terbuat dari 100 % organik murni ramah dan akrab lingkungan. Dan berbeda dengan probiotik-probiotik lainnya.

Mas Indra Aditiansyah bercerita probiotik yang bagus itu terlihat jelas setelah penggunaan probiotik Biogan ikan-ikan lele mutiaranya ini brigas dan getap semua, hampir tidak ada lagi ikan yang tidak  agresif  dan yang mengambang berdiri di dalam kolam.

Apalagi kalau sedang diberi makan wah ikan-ikan begitu lahap makannya. Air kolam juga lebih mendukung kehidupan ikan-ikan terlihat air kolam yang bagus.

Dan menurut cerita Indra , ikan-ikan yang balongnya di beri probiotik biogan hampir tidak ada yang mati dan terbukti nyata juga kalau probiotik biogan ini menambah ketahan  dan meningkatkan derajat kehidupan ikan.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Menurut penelitian juga ikan lele yang tidak menggunakan probiotik biogan itu tumbuh memanjang saja.Dan ikan yang memakai probiotik Biogan disamping pertumbuhannya memanjang juga melebar,jadi ikan lebih berbobot maka tidak salah jika mas Indra ini mengalami kenaikan produksi 0,5 kuintal yang biasanya 2kuintal hasil panen satu balongnya itu menjadi 2,5kuintal ini pada 1balong tanahnya.

Obat yang bagus adalah obat yang sedikit makan ikannya ,tapi ikannya cepat besar . Kalau obat itu bikin ikan nafsu makannya besar dan makannya banyak itu sih biasa saja ,wong banyak yang makannya cepat besar ya biasa. Ini kritikan seorang pembudidaya ikan gurame kepada saya,tapi setelah melihat cara mas Indra memberi makan pada waktu main melihat langsung bukti probiotik Biogan pada ikan-ikan lele beserta juga kesaksiannya. 

Ternyata semua itujuga bergantung kepada kepintaran dan ketelitian pembudidayanya dalam memanage pemberian pakan. Dan probiotik Biogan terbukti bagus dalam hal ini.

budidaya lele sukses,pakan irit (dokpri)
budidaya lele sukses,pakan irit (dokpri)
Probiotik biogan bisa di masukan langsung ke air, tapi untuk lebih menghemat dan lebih efesien adalah dengan dicampurkan ke pakannya.Dan tidak perlu tetes tebu maupun gula pasir. Tetes tebu dan gula pasirnya untuk yang ngasih makan ikan saja.  

Bukan janji tapi bukti apalagi mimpi. Kapan mau mencobanya sendiri?