Mohon tunggu...
Alc C
Alc C Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Sarapan Seru Dengan Resep Pancake Sederhana!

22 November 2016   22:33 Diperbarui: 22 November 2016   22:51 32 1 0 Mohon Tunggu...

Hayoooo, bingung yaa mau sarapan dengan menu apa? Bosan dengan nasi goreng, roti, telur, dan menu-menu biasanya? Nih, cobain deh sarapan dengan pancake buatan sendiri! Mudah dibuat, bahan-bahannya pun terjangkau loh! terjangkau untuk dibeli, terjangkau untuk harganya. Roti melingkar-datar-coklat ini bisa banget dilengkapi dengan bermacam toping yang kamu suka! Mau dengan buah? Makin manis! Ditaburi parutan keju? Nikmat bangeeet! Dituangkan madu? Apalagiiiiii.....!!! Jangan cuma ngebayangin deh, sekarang saatnya kita bikin yuk pancake lezat ala rumahan! Intip nih resepnya!

Resep Pancake Sederhana

Bahan:

  • 110 gram tepung terigu serba guna
  • 1 butir telur ayam ukuran besar, kocok rata
  • 1 1/4 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok teh white vinegar atau air jeruk nipis
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan mentega atau 40 gram margarin, cairkan
  • 135 ml susu cair atau 3 sendok makan susu bubuk full cream yang diaduk rata dengan 130 ml air


Cara MembuatPancake Sederhana:

  1. Masukkan susu cair dan white vinegar atau air jeruk nipis ke dalam mangkuk berukuran sedang. Aduk hingga rata dan diamkan selama 5 menit agar susu menjadi asam.
  2. Dalam mangkuk terpisah, masukkan tepung terigu, baking powder, garam, dan gula. Aduk hingga gumpalan di tepung menghilang.
  3. Siapkan mangkuk berukuran sedang dan masukkan mentega cair yang sudah dingin, susu, dan telur. Aduk adonan hingga tercampur rata.
  4. Masukkan tepung terigu ke dalam kocokkan telur dan susu, lalu aduk pelan-pelan menggunakan spatula.
  5. Siapkan wajan datar anti lengket atau wajan teflon, olesi sedikit mentega pada permukaannya.
  6. Tuangkan satu sendok sayur adonan ke atas permukaan wajan. Tunggu sampai terdapat gelembung-gelembung kecil pada permukaan adonan.
  7. Balik adonan agar bagian atasnya juga matang. Jangan ditekan, jika sudah berwarna kecoklatan, angkat pancake dari wajan, kemudian lakukan langkah-langkah sebelumnya sampai adonan pancake habis.
  8. Hias pancake dengan topping favorit anda!

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Menu pancake lezat ini juga bisa dimanfaatkan agar orang rumah pada betah untuk "jajan" di rumah aja, lho! Selamat mencoba!!

VIDEO PILIHAN