Mohon tunggu...
Albertus Fandy
Albertus Fandy Mohon Tunggu... Saya Baru Belajar Menulis

Pemula

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

New Media sebagai Terobosan Baru?

26 Agustus 2019   00:54 Diperbarui: 27 Agustus 2019   13:50 0 0 0 Mohon Tunggu...
New Media sebagai Terobosan Baru?
Source: edberliner.com

New media atau yang lebih dikenal media baru sudah masuk di era teknologi seperti yang kita rasakan ini. Istilah new media atau media baru telah ada di era 1980-an. New media sangat mempengaruhi beberapa sektor atau bidang seperti bidang ekonomi, sosial, politik, bahkan budaya. 

New media bisa menjadi salah satu terobosan baru dan tentu saja new media tidak lepas dari campur tangan teknologi. New media dapat dikaitkan di antaranya; pergeseran dari modernitas ke postmodernitas, batasan tiap negara dalam hal perdagangan, budaya, identitas, kepercayaan mulai terhapuskan, kemudian pergeseran dari manufaktur ke post-industri informasi, dan juga geopolitik barat yang awalnya terpusat berubah menjadi tersebar.

Media baru juga berkaitan dengan waktu dan era yang baru, yang artinya memiliki perkembangan dari sisi ranah sosial, teknologi, dan perubahan kultural. New media merupakan perubahan atau perkembangan teknologi yang terjadi secara cepat dan terus-menerus. perkembangan ini semakin kompleks dan terus memperbaiki yang masih kurang baik. 

New media bisa menjadi terobosan yang baru karena kolaborasinya dengan teknologi yang canggih sehingga memudahkan manusia untuk mengakses pesan dan informasi secara cepat, mudah, dan praktis. Jika dibandingkan bahwa new media dan old media, tentu saja banyak memiliki perubahan yang signifikan sehingga new media dapat menjadi terobosan atau temuan baru untuk membantu manusia.

Keterkaitannya dengan new media dipengaruhi oleh tiga hal yaitu :

Pertama, new media adalah perubahan yang global dan dipengaruhi faktor historis. 

Kedua, terdapat ideologi yang positif dalam perubahan media dan sangat kuat. 

Ketiga, dalam new media bahwa juga dituntut untuk dapat melihat hal yang lebih spesifik dibanding hanya memerhatikan hal yang bersifat teknis saja.

Source: pigenklikdernegi.org
Source: pigenklikdernegi.org

Perlu di ketahui bahwa masuknya new media dapat mempengaruhi pola perilaku, cara atau pola berpikir, kebiasaan, bahkan kebudayaan. Perbedaan ketika masuknya media baru yaitu bentuk fisik, fungsi, fitur, kecanggihan, kepraktisan yang mana itu semua dibantu oleh teknologi didalamnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2