Mohon tunggu...
Albertus EdyKurniawan
Albertus EdyKurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa aktif

FPB UKSW

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Rosela, Bunga Indah Berjuta Manfaat

23 September 2019   22:44 Diperbarui: 23 September 2019   23:05 0 0 1 Mohon Tunggu...
Rosela, Bunga Indah Berjuta Manfaat
sumber:Wanita Indonesia

Di era yang semakin maju dan modern, gaya hidup sehat menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang bahkan banyak yang rela mengeluarkan uang yang cukup besar untuk tetap hidup  sehat baik dengan cara berolahraga,mengonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi, Sekalipun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Tanpa disadari obat-obatan herbal yang berasal dari tanaman yang ada di sekitar lingkungan memiliki berjuta khasiat tetapi tidak banyak yang mengetahui akan hal ini karena minimnya pengetahuan dan pemanfaatan tanaman-tanaman herbal tersebut.

Dari masalah yang terjadi akan minimnya pengetahuan tentang tanaman herbal,kemajuan zaman yang terus berkembang pesat menjadi salah satu keuntungan yang dapat dirasakan banyak orang sehingga setiap orang akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi tentang tanaman-tanaman yang mungkin awalnya kita ketahui tidak berguna tetapi sebaliknya tanaman tersebut memiki manfaat yang cukup tinggi dan mungkin itu dapat menjadi obat yang sehat untuk terus di konsumsi setiap orang.

Rosela merupakan tanaman bunga yang memiliki khasiat yang cukup tinggi tanpa di sadari setiap orang, hanya beberapa orang saja yang mengetahui khasiat yang dimiliki dari bunga cantik ini tetapi saat ini tidak lagi sebagian orang melainkan hampir setiap orang mengerti manfaat tanaman ini karna hampir di setiap pameran tanaman obat, tanaman rosela selalu di perkenalkan.

Hal ini disebabkan hampir seluruh bagian tanaman nya dapat digunakan sebagai pengobatan, terutama sebagai obat alternatif.Tanaman rosela memiliki daya tarik tersendri dari indah nya kelopak bunga yang berwarna merah menyala yang membuat orang tertarik untuk membudidayakan.Warna merah menyala dari kelopak bunga rosela mengandung pigmen antosianin yang dapat berfungsi sebagai antioksida.

Kelopak daun rosela juga memiliki aroma yang harum serta memiliki rasa asam yang menyegarkan.bukan hanya kelopak bunga nya saja tetapi daun dan biji rosela memiliki kandungan gizi yang cukup baik sehingga rosela tidak hanya menjadi bahan baku industri makanan melainkan berpotensi sebagai bahan baku farmasi,minuman,pewarna alami dan bahkan menjadi salah satu bahan baku kosmetik.Sehingga banyak orang saat ini mulai membudidayakan tanaman rosela setelah mengetahui kandungan gizi yang ada di tanaman tersebut.

Menurut penelitian dari tim peneliti Direktorat Jenderal pendidikan tinggi,Jakarta zat gizi yang terkandung dalam rosela adalah kalsium,niasin,riboflavin dan zat besi yang cukup tinggi.Kandungan zat besi pada kelopak segar rosela dapat mencapai 8,98 mg/100 g, sedangkan pada daun rosela sebesar 5,4 mg/100 g. Selain itu rosela mengandung 1,12% protein,12% serat kasar, 21,89 mg/100 g sodium,vitamin C dan vitamin A.

Kandungan vitamin C dan A rosela lebih tinggi dibanding buah-buahan seperti jeruk,apel,pepaya dan jambu biji.kandungan vitamin A dan C masing-masing 113,46 mg dan 214,68 mg per 100 gram ekstrak rosela.

Bukan hanya kelopak bunga kandungan lemak biji rosela cukup tinggi, yaitu 16,8% pada kondisi kering, sedangkan kandungan air pada biji 12,9%. Dari hasil penelitian yang di lakukan ada banyak manfaat buah rosela bagi kesehatan yaitu dapat menjadi obat herbalAntikanker,Antihipertensi,Antidiabetes,Antikorestrol,menurunkan berat badan,terapingangguan liver dan asam urat  dan masih banyak lagi manfaat bunga cantik ini.

Salah satu hal yang sangat unik dari rosela adalah rasa masam pada kelopak daun rosela yang menyegarkan. Sehingga olahan rosela banyak di gunakan sebagai salah satu minuman beerupa jus,teh,maupun minuman kemasan sehingga lebih mudah untuk setiap orang mendapatkan nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x