Mohon tunggu...
albarian risto gunarto
albarian risto gunarto Mohon Tunggu... Freelancer - saya datang saya lihat saya lalui saya tulis

bapak-bapak yang suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Sensasi Sunat di Tempat Legendaris: Juru Supit Bogem

18 November 2022   14:44 Diperbarui: 19 November 2022   17:05 3607
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
The Legend of Panggon Sunat (dok.pri)

Sunat di Bogem Aja, Ya...!

Hari itu menjadi hari yang tidak akan pernah dilupakan oleh si Thole. Hari dimana dia melaksanakan kewajiban bagi lelaki muslim yakni sunat alias khitan alias tetak alias supit.

Karena ini adalah moment istimewanya. Bukan hadiah tapi tempat istimewalah yang saya tawarkan. Sunat di Bogem atau Juru Supit Bogem. Kenapa istimewa, karena dulu ketika bapaknya ini sunat kepengen sunat disitu tidak kesampaian. (he he he).

Sejak dulu, tempat sunat para bangsawan keraton ini terkenal cepat dan tidak sakit. Saat itu, karena tempatnya yang jauh dari rumah tinggal saya, maka hanya orang-orang yang berpunya saja yang bisa menyunatkan anak-anaknya disini. (punya mobil maksud saya he he he)

Keinginan saya semakin kuat setelah mendengar pengalaman teman-teman mengkhitankan anak-anaknya di pinggir Jalan Raya Solo Jogja ini. Ceritanya masih sama, cepat dan tidak sakit

Ketika pertama kali saya utarakan maksud saya ini, Si Thole cuek saja, Ibunya berkomentar, "Nyapo kok adoh-adoh? Ning Jombang kan akeh?" Sedikit menolak dan menyatakan keberatannya.

Saya hanya menjawab, "Lha aku mbiyen arep sunat ning kono gak iso." Jawab saya dengan guyon.

Jawaban ini ternyata di sahut sama si Nduk, "Kalau pengen, ya ayah saja yang sunat lagi di situ." Yang membuat kami tertawa bersama.

Banyak tempat sunat maupun dokter di Kota Santri ini yang menawarkan metode baru. Konon juga tidak sakit, tidak membuat saya bergeming.

Proposal sunat akhirnya disetujui oleh Thole dan ibunya. Rencana awal memang saat liburan setelah akhir semester nanti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun