Mohon tunggu...
Albait Arasyid
Albait Arasyid Mohon Tunggu... Menulis untuk dikenang

Hallo Namaku Al Bait, suka menulis dan menjelajah internet. Masih kuliah di akademi swasta jakarta jurusan teknologi informasi. Memiliki keinginan besar untuk maju dan berkembang. Aku juga sebagai seorang SEO Staff di salah satu perusahaan Agency dan pemilik dari sebuah website http://albait.id

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Begini Cara Mengikuti Lelang Mobil yang Benar

20 Agustus 2019   15:40 Diperbarui: 26 Agustus 2019   00:42 0 1 0 Mohon Tunggu...
Begini Cara Mengikuti Lelang Mobil yang Benar
lelang mobil | dreamstime.com

Membeli mobil secara lelang bisa menjadi alternatif baru bagi masyarakat yang menginginkan mobil bekas. Pasalnya jika pandai dalam memilih, mobil bekas yang didapatkan tergolong bagus dan mesinnya juga bagus. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak yang kemudian menginginkan membeli mobil dengan cara lelang.  Jika beruntung Anda akan mendapatkan mobil lelang dengan harga yang murah jauh di bawah pasaran. Namun jika Anda tidak tahu tipsnya bukan mustahil Anda akan mendapatkan mobil dengan harga kemahalan atau over priced. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti lelang, berikut ini adalah beberapa cara mengikuti lelang mobil yang harus Anda ketahui:

Mengisi Formulir

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengisi formulir.  Formulir ini harus Anda isi sesuai dengan data diri Anda yang asli. Untuk mengisi formulir tersebut Anda bisa menggunakan KTP yang masih berlaku. Sehabis mengisi formulir pendaftaran Anda akan mendapatkan NPL atau Nomor Peserta Lelang.

Membayar Deposit

Yang harus Anda ketahui adalah untuk mengikuti lelang ini Anda harus membayar deposit.  Nominal deposit yang harus Anda bayarkan sebesar 5 juta.  Oleh sebab itu selain menyiapkan biaya untuk membeli mobil ada baiknya jika Anda juga menyiapkan deposit ini.

Open House

Cara mengikuti lelang selanjutnya adalah melihat mobil saat open house dilakukan. Open house ini dilakukan beberapa hari sebelum lelang dibuka secara resmi. Fungsi dari open house ini adalah Anda bisa melihat dan memiliki gambaran sekiranya mobil seperti apa yang Anda inginkan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat kondisi mobil yang dilelang apakah kondisinya masih bagus atau tidak.

Melihat Harga Dasar

Cara lelang mobil selanjutnya adalah melihat harga dasar. Pihak pelelang akan menawarkan mobil dengan harga dasar minimal 65 juta, harga tersebut akan terus naik seiring dengan tingginya minat penawar. Semakin banyak yang menawarnya maka harga mobil tersebut akan semakin tinggi. Yang menawar dengan harga tertinggi lah yang akan ditetapkan sebagai pemenang. Meski begitu Anda tidak boleh tergiur dengan nafsu. Jangan hanya karena mobil yang Anda incar akan didapatkan oleh orang lain Anda menjadi over priced. Jika harga dasarnya terlalu mahal dan tidak ada yang melakukan penawaran maka harga dasar tersebut harus diturunkan. Untuk kelipatan harga penawaran adalah 500 ribu sehingga Anda bisa menawar dengan harga Rp65.500.000 dan seterusnya.

Menawar

Jika sudah melakukan open house dan melihat harga dasar mobil, Anda akan bisa mulai melakukan pelelangan. Yang harus Anda ketahui adalah untuk melakukan penawaran ini Anda harus menunjukkan NPL atau Nomor Peserta Lelang Anda. Anda bisa menawar dengan harga lebih tinggi dari harga dasar, kemudian melihat peserta lelang lainnya apakah mereka berani memberikan harga lebih tinggi dari Anda atau tidak.

Menang dan Kalah Lelang

Jika Anda menang lelang nantinya Anda harus dikenakan biaya administrasi yang dinamakan sukses lelang, namun jika Anda kalah lelang maka deposit yang telah Anda berikan tadi akan dikembalikan 100%. Bagi yang menang lelang Anda akan diberikan waktu pelunasan maksimal 3 hari, jika Anda sudah melakukan pelunasan akan dilakukan serah terima dokumen dan juga unit mobil yang berhasil Anda menangkan lelang. Yang harus Anda perhatikan adalah jika tidak melakukan pelunasan maka deposit atau uang jaminan Anda akan hangus.

Meski lelang ini menjadi alternatif yang mudah untuk mendapatkan mobil dengan harga yang miring, namun tetap saja Anda harus mengetahui dan mematuhi rule yang telah ditetapkan oleh Balai Lelang tersebut. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengetahui tata caranya terlebih dahulu sebelum mengikuti lelang mobil tersebut agar tidak menimbulkan masalah dan juga kesalahpahaman ke depannya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x