Mohon tunggu...
Subhan Alba
Subhan Alba Mohon Tunggu... DOSEN

SOSPOL

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perang Semesta Melawan Corona

18 September 2020   18:16 Diperbarui: 18 September 2020   18:19 41 1 1 Mohon Tunggu...

(Renungan Jum,at Berkah)
Sudah 8 bulan lebih perang semesta dengan Corona. Tata kehidupan manusia Dunia pun berubah menyesuaikannya. Virus mematikan dari Wuhan Cina Itu menjadi musuh seluruh umat manusia di Dunia. Sudah Ratusan Ribu manusia yang terkena virus mematika Itu. Sudah Puluhan rubu telah meninggal dunia kena Virus yang sekarang dikenal dengan nama Covid19 itu.

Data Korban Covid19 di 216 Negara Terkonfirmasi: 17.660.523. Meninggal: 680.894. Di Indonesia dari 34 Provinsi ,514 Kabupaten/ kota korban Covid19 Positif:236.519. Sembuh : 170.774.Meninggal: 9.336 . data dari situs resmi https://covid19.go.id/

Pertanyaannya, mampukah Virus ini menyadarkan Ummat manusia bahwa ada kekuatan diluar kemampuan manusia?. Masikah manusia bisa sombong pada sang Maha Pencipta?. Atau Justru malah makin sombong karena bisa Selamat tidak menjadi korban Covid19?.

Dengan adanya Covid19 harusnya manusia sadar. Bahwa ada tuhan yang maha kuasa. Yang bisa membungkam kesombongan manusia. Dan manusia harusnya mulai sadar dan bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Alloh tuhan semesta alam.

Begitu hebatnya Negara Amerika , yang biasa disebut negara Adidaya, Penguasa Dunia, justru malah terbanyak kasus dan yang meninggal dunia karena Corona.

China begitu Canggihnya berbagai tehnologi yang dimiliki China. Berbagai macam barang kebutuhan kehidupan manusia di berbagai negara seluruh dunia, sangat banyak yang diproduksi oleh China, tapi apa yang terjadi, justru datangnya virus Covid19 malah berasal dari Wuhan Negara China. Dan China tidak mampu membendung derasnya penyebaran virus yang menyerang paru paru itu menyebar. Dan ahirnya keluar dari China serta menyebar ke Seluruh negara di dunia.

Masihkan manusia tidak sadar bahwa manusia tidak bisa berkuasa penuh, karena sebenarnya ada yang maha kuasa , yaitu Allah Subhanahu wa Taalah. Tuhan yang menciptakan manusia, yang menciptakan bumi dan yang menciptakan seluruh marabahaya di bumi, termasuk bencana Covid19.

Dampaknya bukan hanya sekedar krisis kesehatan tapi juga krisis Ekonomi bahkan kelaparan. 10 negara sudah jatuh ke jurang resesi. kompas.com memberitakan pada 14.08.20. Diantaranya: Amerika, Jerman, Perancis, Italia, Korea Selatan, Jepang, Hongkong, Singapura dan Filipina .

Saatnya manusia menyadari betapa hebatnya manusia , betapa Adikuasanya Amerika, betapa canggihnya tehnologi China, semua itu bagi tuhan tidak ada apa apanya. Untuk itu Wabah Covid19 ini sejatinya agar kita kembali kepada sang pencipta. Menang atau tidaknya Perang Semesta dengan Corona, Alloh Penguasa alam semesta penentunya.

Mungkin Sang Maha Kuasa, Menurunkan virus Corona ke dunia, agar Manusia sadar untuk memperbaiki Ibadahnya, baik ibadah Vertikal maupun Horizontal, Ibadah Ritual maupun Ibadah Sosial, Memohon ampunan, Mengharap Petolongan agar Covid19 hilang dari muka bumi , atau diberikan vaksin obatnya , agar bisa kembali hidup normal. Walaupun harus berdampingan dengan Covid19. Mahluk yang sangat mematikan.

Manusia hanya bisa ihtiar untuk menang dalam perang semesta dengan Corona, tapi jangan lupa hanya Sang Pemilik Alam Semesta yang menentukannya.

Subhan Alba Bisyrie Marzuki.
Jakarta 18.09.20

VIDEO PILIHAN