Mohon tunggu...
Muhammad Ulil Albab
Muhammad Ulil Albab Mohon Tunggu... Penulis

Hanya Seorang Pengembara Yang Sedang Mencari Makna Kehidupan | Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia | @albabmhd

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Potongan Informasi

18 Mei 2021   13:04 Diperbarui: 19 Mei 2021   12:07 26 2 0 Mohon Tunggu...

Pada dasarnya, informasi yang belum utuh belum dapat dijadikan sebagai patokan kebenaran terhadap sesuatu. Potongan informasi itu masih bersifat samar-samar dan belum memiliki kejelasan yang pasti. Persoalannya adalah akibat yang timbul dari potongan informasi tersebut. Gara-gara potongan informasi tersebut, sesuatu yang mestinya salah bisa menjadi benar, begitu juga sebaliknya. Ini merupakan salah satu problem kita saat ini.

Menarik jika kita mengambil hikmah dari potongan kisah Ahmad berikut ini.

Suatu hari pada bulan Ramadan, selepas mengaji di masjid, Ahmad bergegas pulang ke rumah. Ketika itu, sudah hampir menjelang waktu berbuka puasa. Ketika sampai di rumah, Ahmad langsung menuju dapur untuk membuat teh manis untuk seluruh anggota keluarga. Ketika memasuki pintu dapur, Ibu Ahmad terlihat sedang mencicipi makanan yang dimasaknya. Terkejut, Ahmad langsung bertanya kepada Ibunya.

Ahmad: Ibu, tidak puasa hari ini?

Ibu: Ibu puasa kok!

Ahmad: Lalu kenapa Ibu makan, apakah puasa Ibu tidak batal?

Ibu: Bukan begitu Mad. Ibu tidak makan, tetapi cuma mencicipi makanan yang Ibu masak, apakah rasanya sudah pas atau belum? Mencicipi makanan itu tidak membatalkan puasa. Lagian kalau seandainya tidak dicicipi, bisa jadi makanan yang Ibu masak tidak enak. Ujung-ujungnya dibuang dan tidak termakan. Kan mubazir.

Ahmad: Oh begitu ya Bu.

Setelah selasai membuat teh manis, Ahmad menuju ruang makan. Ketika meletakkan teh manis buatannya di atas meja, Ahmad melihat telah terhidang sepiring bakwan di sebelah tempatnya meletakkan teh manis. Karena mendapat ilmu baru dari Ibunya bahwa mencicipi makanan itu tidak membatalkan puasa, Ahmad mencicipi sepotong bakwan dengan memakannya. Ketika sedang mencicipi bakwan, kebetulan Ayah Ahmad baru pulang dari tempat kerja dan melihat Ahmad memakan bakwan. Ayah pun bertanya kepada anaknya tersebut.

Ayah: Mad, kamu tidak puasa?

Ahmad: Puasa kok Yah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN