Mohon tunggu...
Muhammad Ulil Albab
Muhammad Ulil Albab Mohon Tunggu... Penulis

Hanya Seorang Pengembara Yang Sedang Mencari Makna Kehidupan | Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia | @albabmhd

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Sekarang atau Tidak Sama Sekali

6 Mei 2021   08:25 Diperbarui: 6 Mei 2021   08:28 22 1 0 Mohon Tunggu...

Menunda sebuah pekerjaan sudah menjadi suatu kebiasaan bagi sebagian orang. Rasa percaya diri akan datangnya kesempatan kedua menjadi faktor utama melekatnya kebiasaan buruk ini bagi mereka.

Beberapa orang mungkin saja akan mendapatkan kesempatan kedua dan seterusnya dalam hal tertentu, namun sering kali kesempatan itu tak pernah muncul kembali.

Oleh karena itu, banyak yang tidak benar-benar memanfaatkan kesempatan yang datang padanya. Namun ketika sebuah penyesalan muncul, hanya sebuah harapan akan datangnya kesempatan kedua yang tersisa.

Kita tidak bisa sepenuhnya mendiskreditkan mereka. Mungkin saja hal itu mereka lakukan karena mereka disibukkan oleh hal-hal lain yang lebih menarik, meskipun dapat membuat mereka lalai dengan kesempatan mereka.

Di antara hal yang paling sering ditunda adalah kesempatan untuk belajar. Tidak sedikit para pelajar yang melewatkan kesempatan mereka untuk menunaikan kewajiban mereka, yaitu belajar.

Banyaknya hal-hal yang lebih menarik menyebabkan mereka lalai dari kewajiban mereka dan lebih memilih untuk menyibukkan diri dengan hal-hal tersebut.

Pada awalnya mereka akan merasa lapang dengan waktu yang mereka miliki sehingga mereka akan menunda kewajiban mereka. Namun seiring berjalannya waktu, kelapangan yang mereka rasakan akan menghilang sedikit demi sedikit.

Menarik jika kita merenungkan makna sebuah ungkapan Arab berikut:

"Jika panasnya musim panas, keringnya musim gugur, dan dinginnya musim dingin menyakitimu, serta keindahan musim semi melalaikannmu, maka katakan padaku: kapan lagi engkau akan mengambil ilmu (belajar)?!"

Jika sesuatu yang lebih menarik membuat kita melupakan kewajiban kita, bukan tidak mungkin pada masa yang akan datang kita juga akan melupakan kewajiban lainnya disebabkan hal menarik lainnya. Akhirnya, seluruh waktu yang kita miliki hanya kita habiskan untuk menunda kewajiban.

Ini merupakan penyebab munculnya sebuah penyesalan. Memang yang namanya penyesalan itu selalu datang belakangan, karena kalau di awal itu pendaftaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x