Mohon tunggu...
Muhammad Ulil Albab
Muhammad Ulil Albab Mohon Tunggu... Penulis

Hanya Seorang Pengembara Yang Sedang Mencari Makna Kehidupan | Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia | @albabmhd

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mimpi

6 Mei 2021   06:24 Diperbarui: 6 Mei 2021   06:39 55 3 1 Mohon Tunggu...

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mimpi berarti sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur. Mimpi juga bisa berarti angan-angan. Berdasarkan hal ini, maka mimpi tidak berarti hanya sebatas bunga tidur, namun juga bisa berarti cita-cita. Namun kali ini kita akan menggunakan istilah mimpi dengan arti yang kedua yaitu angan-angan.

Banyak yang tidak paham arti sebuah mimpi. Meskipun mimpi itu tidak nyata, namun bukan berarti mimpi tidak bisa menjadi kenyataan. Jelas itu merupakan dua hal yang berbeda.

Bermimpilah! Mimpi memang tak nyata, tetapi mimpi mampu membuat seseorang berusaha untuk mewujudkannya. Orang yang punya mimpi tahu apa yang harus dilakukannya karena dia punya tujuan dalam hidupnya. Berbeda dengan orang yang tidak punya mimpi, dia akan buta arah, tak tahu kemana akan melangkah, terombang-ambing tak tau arah, dan tersesat di negeri antah-berantah.

Bermimpilah! Mimpi memang tak nyata, namun dengan mimpi kita hidup dan dengan mimpi kita tahu apa yang harus dilakukan dalam hidup karena mimpi adalah tujuan hidup.

Jangan asal-asalan bermimpi! Bermimpilah dengan sesuatu yang besar! Mimpi yang besar hanya untuk orang besar. Jika kita takut untuk bermimpi dengan sesuatu yang besar, maka kita belum siap untuk menjadi orang besar. Orang kecil saja boleh bermimpi menjadi orang besar. Jangan takut untuk bermimpi dengan sesuatu yang besar! Mimpi yang kecil hanya akan mematikan potensi yang kita miliki untuk sesuatu yang lebih besar.

Mulai sekarang, mari kita mulai untuk membuat dokumen yang berisi daftar mimpi kita! Tuliskan dalam dokumen itu semua mimpi kita! Tuliskan serinci mungkin!

Belum cukup jika kita hanya sebatas bermimpi. Beraksilah untuk mewujudkannya! Karena mimpi juga butuh aksi. Mari kita mulai beraksi sedikit demi sedikit! Lakukan segala hal yang bisa kita lakukan untuk mimpi itu! Lakukan segala hal terbaik untuk mimpi itu!

Segala hal pasti memiliki risiko. Begitu juga dengan mimpi. Itu adalah hal yang lumrah. Risiko itu yang akan kita hadapi untuk mewujudkan mimpi kita. Jangan takut dengan risiko! Jadikan resiko yang kita hadapi sebagai sebuah tantangan! Suatu saat, ketika kita telah berhasil mewujudkan mimpi kita, risiko hanya akan menjadi sebuah cerita.

Semakin besar mimpi kita, maka akan semakin besar risiko yang akan kita hadapi. Dikisahkan, ada dua orang yang sama-sama bepergian dari kota A menuju dua kota yang berbeda. X menuju kota B dan Y menuju kota C. Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan, akhirnya mereka sampai di kota B. X mengakhiri perjalanan. Sementara Y mesti harus melanjutkan perjalanan. Setelah menempuh perjalanan lainnya yang melelahkan, akhirnya Y sampai di kota C. Dari kisah ini bisa kita ambil pelajaran bahwa seseorang yang memiliki tujuan yang lebih jauh akan menempuh perjalanan yang lebih jauh. Begitu juga dengan mimpi, semakin besar mimpi kita maka akan semakin besar risiko yang akan dihadapi.

Mimpi adalah sebuah pengorbanan. Apa pun harus dikorbankan demi mimpi itu. Apalagi mimpi yang besar, maka akan semakin banyak lagi yang akan dikorbankan.

Terkadang mimpi memang terasa sulit untuk diwujudkan, namun itu merupakan ujian bagi kita, apakah kita akan berhenti dan menyerah atau kita akan terus berusaha? Belajarlah dari orang-orang yang berhasil mewujudkan mimpi mereka! Mereka pantang menyerah mengejar mimpi mereka. Sesulit apa pun kondisinya, mereka jalani dengan semangat. Jika mereka bisa, kenapa kita tidak?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x