Mohon tunggu...
Alfian Bayu Pamungkas
Alfian Bayu Pamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Alba

https://www.kompasiana.com/alba3567

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Edukasi Protokol Kesehatan oleh Mahasiswa KKN UNS di Kampung Sabrang Lor, Surakarta

20 September 2021   14:58 Diperbarui: 20 September 2021   15:16 43 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi Protokol Kesehatan oleh Mahasiswa KKN UNS di Kampung Sabrang Lor, Surakarta
Dok. Pribadi

Ditengah kasus Covid-19 yang mulai melandai dan program vaksinasi yang terus digencarkan, protokol kesehatan juga tetap harus dilaksanakan sebagai upaya mencegah penularan virus Covid-19. Atas dasar tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Sebelas Maret Surakarta yang tergabung dalam kelompok 136 melakukan upaya inovatif dalam mengedukasi pentingnya protokol kesehatan.

Kelompok KKN 136 membuat mural tentang protokol kesehatan 5M di RW 08, Desa Sabranglor, Mojosongo. Mural dipilih sebagai media karena cukup menarik dan efektif sekaligus dapat mempercantik fisik lingkungan.

Dengan memanfaatkan dinding kosong di area permukiman warga, mural dibuat layaknya komik sehingga dapat menarik masyarakat untuk melihat dan membaca. Pembuatan mural bertujuan untuk mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan di manapun khususnya di lingkungan Desa Sabranglor.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dalam mencegah penularan virus Covid-19 Kelompok KKN 136 juga melakukan program lain seperti penanaman pentingnya protokol kesehatan 5M pada anak, pemasangan sign system tentang pentingnya protokol kesehatan, edukasi terkait pembuangan masker sekali pakai serta pemetaan risiko Covid-19.

Kegiatan KKN ini juga bertepatan dengan bulan kemerdekaan, sehingga dilaksanakan juga program lomba lampion kemerdekaan. Kegiatan lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas warga dalam memanfaatkan barang bekas.

Selain itu, kelompok KKN 136 juga menjalankan  program warung hidup dengan membagikan tanaman sayur kepada warga dan webinar terkait tips membuat CV. Kedua program tersebut diharapkan dapat bermanfaaat dan membantu warga selama pandemi ini.

Terdapat juga program kerja lain seperti pendampingan belajar bagi anak TPA (Taman Pendidikan Al-Quran). Kemudian melakukan penanaman tanaman hias secara vertikultur bersama kelompok PKK yang bertujuan mempercantik lingkungan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan