Fesyen

Awal Bulan "Hypebeast", Akhir Bulan Miris

28 Desember 2018   10:51 Diperbarui: 28 Desember 2018   10:58 787 0 1

Apasih yang dimaksud hypebeast? Kata hypebeast itu berasal dari kata Hype atau Hyper yang artinya menggilai, dan beast yang bisa diartikan dengan obsesi, jadi hypebeast itu artinya seseorang yang menggilai dan terobsesi membeli atau menggunakan barang yang lagi trend dan ekskuslif.

Untuk masalah harga dan kegunaanya itu sudah tidak wajar atau tidak sesuai karena untuk membeli satu kaos saja dapat menghabiskan uang hingga dikisaran 1 juta rupiah keatas, sedangkan kegunaanya hanya sekedar untuk menutupi aurat atau badanya saja, padahal kalo bicara kualitas, banyak merek-merek Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan brand eksklusif tersebut.

Mengapa barang-barang hypebeast dapat mencapai harga yang setinggi itu? Ini dapat disebabkan oleh barang tersebut sudah diakui oleh dunia dan biasanya yang menggunakan barang-barang hypebeast ini adalah seorang artis terkenal di dunia.

Banyak contoh barang-barang hypebeast yang harganya kurang sesuai dengan kantong mahasiswa maupun remaja lainya, yaitu SUPREME, OFF-WHITE, BALENCIAGA, LV, BAPE, VETEMENTS, dan banyak lainya.

Banyak kalangan remaja terutamanya mahasiswa yang sampai memaksakan dan mengahabiskan uang bulananya untuk membeli barang hypebeast tersebut hanya untuk keliatan kekinian, agar dibilang anak hypebeast, padahal belum tentu uang yang mereka gunakan adalah uangnya sendiri, bisa jadi uang tersebut adalah uang jajan dari orang tuanya, yang sebenarnya uang tersebut digunakan untuk kebutuhan untuk kuliah.

Ada sekitar 6 dari 10 mahasiswa yang  telah disurvei, melakukan gaya hidup hypebeast atau bermewah-mewahan, tetapi ada beberapa memang memiliki alasan lain mereka membeli barang-barang hypebeast, seperti untuk dijadikan bisnis , oleh-oleh dari luar negeri dan lain-lain.

Demi mengejar ketenaran dan kepuasan hasrat, mereka rela menghambur hamburkan uangnya sampai-sampai pada akhir bulan mereka kebingunan untuk menutupi kekurangan kebutuhan yang harusnya dapat dipenuhi di akhir bulan, mereka jadi makan seadanya bukan sebutuhnya gizi, padahal menjaga kesehatan itu sangat penting, kalau kita tidak menjaga asupan gizi kita, bagaimana nanti jadinya, semua tidak akan berarti jika kita tidak sehat.

Dari penjelasan diatas dapat dikatakan ada dampak positif dan ada dampak negatifnya, meskipun lebih banyak dampak negatifnya. Apapun alasanya yang namanya menggilai sesuatu dengan berlebihan itu tidak baik, mau itu uang dari kerja sendiri, mau itu uang dari orang tua, sebaiknya kita para remaja atau mahasiswa sebaiknya tidak berperilaku berlebihan dalam berbagai apapun, tidak hanya dibarang hypebeast,  gaya kehidupan juga harus dijaga.

Disinilah peran manajemen keuangan harus digunakan, kita sebagai remaja atau mahasiswa hendaknya mengatur keuangan kita sendiri agar dapat memenuhi kebutuhan hidup kita, dari mana saja uang itu berasal, misalnya dari bekerja atau uang dari orang tua kita harus mengatur dan menabungnya untuk masa depan kita, karena kita adalah penerus bangsa Indonesia ini.