Alamsta Suarjuniarta
Alamsta Suarjuniarta

Seorang mahasiswa universitas Udayana Jurusan Manajemen Sumberdaya perairan. Mempunyai moto Hidup untuk meninggalkan jejak. Semakin banyak problematika dan caci makian termasuk hinaan. Membuat orang tersebut menjadi lebih kritis, terhadap kehidupan dan makin kuat untuk menantang gemerlap dunia "Aku tidak ingin menjadi pohon bambu Aku ingin menjadi pohon oak yang menantang angin" -Soe hok Gie-

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Bali Countryside Sukahatsari

12 Februari 2018   22:31 Diperbarui: 12 Februari 2018   22:34 489 0 0

Indonesia memiliki begitu banyak destinasi wisata kelas dunia. Salah satunya Pulau Bali terkenal dengan Objek wisatanya yang belandaskan budaya, menjadikan ciri khas pembeda dari daerah Indonesia lainnya. Jutaan wisatawan domestik maupun internasional datang, demi menikmati indahnya pulau dewata. Mereka mencari ketenangan dengan alam bali, dan juga ingin mengenal budaya bali lebih dalam. Bali memiliki kabupaten total 8 dan 1 kota madya sebagai pusat pemerintahan.

Salah satunya Kabupaten karangasem memiliki banyak tempat wisata. Keberadaanya tidak kalah dengan tempat wisata kabupaten lainnya, contoh seperti, taman ujung , Objek Wisata Candidasa, tirta gangga, Pura Besakih, Pantai Amed,Blue Lagoon Beach,Bali Countryside Sukahatsari dll.

Di tempat saya tinggal yaitu Desa perkraman Sukahat Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, terdapat salah satu objek wisata yang bernama Bali countryside Sukahatsari, keberadaanya cukup terkenal di bali. Awal berdiri tempat wisata tersebut tepatnya tahun 1997 berjarak (49km dari 1jam 14mnt), atas prakasa bapak Gusti Nyoman Oka Yana Bendesa adat Sukahat Yana yang sekaligus menjadi owner dari Bali Countryside Sukahatsari. Beliu melihat kurang adanya objek wisata di kawasan bali timur, selama ini objek wisata hanya berpusat di kawasan bali selatan lebih terkenal, akhirnya beliu mendirikan suatu objek wisata dengan konsep agrowisata ( Miniatur Bedugul).

Perkembangan zaman  perubahan pasti terjadi Bali Countryside Sukahatsari berubah yang dulunya agrowisata kini menjadi wisata budaya ,tapi sampai sekarang masih mempertahankan nilai --nilai argronya contoh banyak pohon- pohon langka tumbuh subur mengelilingi kawasannya Bali Countryside Sukahatsari menjadikan hijau dan sejuk, dan jadi ciri dari Bali Countryside Sukahatsari. Berdirinya tempat wisata ini berdampak juga dalam menggerakan ekonomi desa ,mengurangi arus urbannisasi penduduk pindah ke kota karena kurang adanya lahan perkerjaan di desa, dengan terbentuknya Bali Countryside Sukahatsari dapat menyerap tenaga kerja lokal yang berkopeten di bidangnya masing masing. 

Total memiliki 14 pegawai lokal dan 2 pegawai asing dari prancis , kedua pegawai asing  tersebut menjadi sales marketing.Sistem gaji yang diterapkan adalah harian,Pengecualin 2 orang pegawai karena staf senior.Kuliner yang khas dari Bali Countryside Sukahatsari adalah Nasi campur SukahatSari, Jukut Urab, tamu bisa requst dari masakan sheep lokal. Saat mereka makan akan dihibur penampilan rindik oleh staf disana pengecualian kalau tamunya minta bisa ditampilkna hiburan yang lainnya.

Bali Countryside Sukahatsari menawarkan pilihan paket wisata seperti: outbon , pembuatan arak, pembuatan pisau (Pande),proses penanam bibit  padi dari awal hingga menjadi gabah , dan selanjutnya jadi tepung beras lalu diolah sedemikian rupa menjadi olahan berbahan tepung beras seperti ( Lak-lak).Diareanya yang luas bisa digunakan untuk kegiatan anak bermain sembari menikmati hijaunya rumput dan lebatnya pohon-pohon langka.Pernah kedatanagan SD 1 Sukawati membawa siswa sebayak 400 orang, untuk outbon. Jadi para wisatawan tidak hanya makan, tapi juga ikut terlibat prosesnya dari awal hingga menjadi makanan.Bali Countryside Sukahatsari juga menjalin hubungan simbosis mutualisme dengan tempat wisata yang lain di sekitar desa pekraman Sukahat yaitu:  Tenun Trisna 

Keadaan gunung Agung sekarang ini membuat warga sekitarnya panik. Berimbas pada kunjungan wisata ke Bali Countryside Sukahatsari . Bali Countryside Sukahatsari mengalami kerugian financial. Karena diberitakan akan meletus wisatawan jadi takut berkunjung.Warga sekitar radius bahaya harus di efakuasi ke daerah aman. Salah satu daerah aman yaitu kecamatan sidemen, disini lah menjadi salah satu tempat konsentrasi pengungsi. Tersebar di seluruh tempat seputaran kecamatan sidemen salah satunya Bali Countryside Sukahatsari (parkiran dijadikan tempat pengungsi) demi rasa empati terhadap sesama.Bali Countryside Sukahatsari berkerja sama dengan LPD se-bali membantu para penggusi.