Mohon tunggu...
Alam Semesta
Alam Semesta Mohon Tunggu... Desainer - Instructional Designer

Pengajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di Zhejiang Yuexiu University of Foreign Languages, China. Gemar membaca, menulis, dan makan-makan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Multimodalitas dan Teknologi Pendidikan

18 Juni 2019   10:17 Diperbarui: 18 Juni 2019   13:27 471
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulisan ini merupakan bagian kedua dari kuliah umum yang saya sampaikan di Shanghai International Studies University pada tahun 2014. Semoga bermanfaat. Bagian Pertama Teknologi Masa Depan dan Sistem Kompleks dapat dibaca di sini: tautan artikel.

Analisis Multimodal

Selain pendekatan sistem yang kompleks, di Universitas Nasional Singapura saat sekarang juga sudah ada laboratorium Analisis Multimodal.  Dr. Kay O'Halloran dari institut tersebut bekerja sama dengan ilmuan lintas disiplin mengembangkan perangkat lunak dan pendekatan baru untuk analisis gambar, video, dan laman web menggunakan media digital interaktif. Metode ini dikenal dengan multimodal analisis.

Multimodal analisis merupakan metode yang sesuai dengan perkembangan kehidupan masa sekarang. Saat ini banyak alat dan teknologi telah bersifat multimodal. Multimodal artinya menggunakan berbagai proses dan berbagai bentuk tampilan. Sebagai contoh, ketika Anda menyentuh layar gawai yang memiliki fitur layar sentuh, sentuhan Anda akan diberi respon oleh gawai tersebut. 

Respon tersebut bisa saja berupa berpindah halaman atau dijawab dengan suara. Tampilan layar Anda juga memdaukan tulisan, suara, dan gambar. Meskipun tidak semua alat memiliki fitur multimodal, sebagian besar alat yang kita gunakan saat ini memiliki fitur multimodal.

Ketika teknologi multimodal diterapkan untuk mendukung pembelajaran, peserta didik akan memiliki pengalaman multimodal. Pengalaman multimodal, berdasarkan penelitian GuntherKress and Van Leeuwen  (2014) telah menghasilkan kualitas belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajara non-multimodal. 

Contoh paling sederhana adalah pengembangan buku cerita bergambar anak yang dapat membantu pemelajar usia dini belajar literasi dengan lebih cepat. Multimodal analisis adalah metode baru yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan kualitas desain, pengembangan, dan evaluasi program pembelajaran.


Penelitian Saya

Analisis multimodal telah membantu proses penyelesaian penelitian disertasi saya mengenai lingkungan pembelajaran informal teknologi mutakhir. Saya mengkaji cara pengguna Kindle e-reader belajar menggunakan gawai ini dari forum diskusi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun