Mohon tunggu...
Alam Semesta
Alam Semesta Mohon Tunggu... Desainer - Instructional Designer

Pengajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di Zhejiang Yuexiu University of Foreign Languages, China. Gemar membaca, menulis, dan makan-makan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Teknologi Masa Depan dan Sistem Kompleks

17 Juni 2019   09:46 Diperbarui: 18 Juni 2019   13:28 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulisan ini merupakan terjemahan transkrip Kuliah Umum yang saya sampaikan di Shanghai International Studies University pada tahun 2014. Isi kuliah ini sangat panjang. Ini adalah bagian pertama dari kuliah tersebut. Bagian kedua, Multimodalitas dan Teknologi Pendidikan dapat dibaca di sini: Tautan Artikel.

Rekan-rekan dosen yang saya hormati dan mahasiswa yang saya banggakan, selamat sore.  Senang sekali bisa hadir di kampus ini untuk memberikan kuliah di depan mimbar ini. Kesempatan ini merupakan kehormatan bagi saya.

Sebelum saya menyampaikan kuliah, ijinkan saya menyampaikan terima kasih kepada Departemen Urusan Luar Negeri Universitas Studi Internasional Shanghai yang telah mengatur presentasi ini. Terima kasih kepada Dr. Ruobing Chi yang merupakan teman sekampus saya dan juga sesa alumni East West Center. Penghargaan setingginya saya sampaikan juga kepada Professor Jiang Xinyu dan Professor Jin Hui.


Berdiri di mimbar ini dan siap untuk melakukan presentasi hari ini adalah momen yang sangat penting dalam perjalanan panjang karir saya sebagai pengajaran dan perancang instruksional. Hari ini, saya akan mencoba menyajikan presentasi mengenai Tren dalam Pembelajaran Terdistribusi, Desain, dan Teknologi.


Masa Depan Saya dan Teknologi

Saya berharap presentasi ini dapat digunakan sebagai peta jalan oleh perancang instruksional masa depan di ruangan ini untuk mempersiapkan diri memasuki pasar kerja yang penuh tantangan. Ada begitu banyak yang bisa diceritakan tentang masa depan dan tren dalam pembelajaran, desain, dan teknologi. Untuk memulainya saya ingin menunjukkan video masa depan saya kepada Anda.


Video ini dibuat di stasiun Inovasi Masa Depan di Disneyland California. Video ini dikonstruksi berdasarkan jawaban saya terhadap pertayaan mengenai pilihan masa depan saya yang ada pada mesin otomatis di stasiun tersebut. Stasiun ini (waktu itu juga masih) disponsori oleh Siemens Corporation. [Informasi terakhir Siemens telah keluar dari proyek ini, baca https://ziggyknowsdisney.com/siemens-sign-removed-project-tomorrow-epcot/]



Mengacu pada informasi di video, desain, pembelajaran, dan teknologi telah menghasilkan transformasi besar-besaran di dalam penggunaan teknologi. Para peneliti di bidang desain dan teknologi secara berkelanjutan merancang dan membuat alat-alat untuk menunjang kehidupan masyarakat cerdas di masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun