Mohon tunggu...
Alam Semesta
Alam Semesta Mohon Tunggu... Instructional Designer

Pengajar Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di Zhejiang Yuexiu University of Foreign Languages, China. Gemar membaca, menulis, dan makan-makan.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Dari Tek Kotek Sampai Dekat di Hati

2 Mei 2019   07:32 Diperbarui: 18 Mei 2019   14:30 0 0 0 Mohon Tunggu...

"Baby shark doo doo doo doo doo doo

Baby shark doo doo doo doo doo doo

Mommy shark doo doo doo doo doo doo"

Ada yang tahu lagu ini? Iya, ini adalah lagu anak berjudul Baby Shark. Bagi yang belum tahu bisa coba cari di kanal Youtube. Lagu-lagu anak seperti ini memiliki kata-kata yang sederhana. 

Alunan nada rancak dan animasi menarik pada video-lagu sangat memikat hati anak-anak. Ketika mereka sudah terpikat, peniruan lantunan akan dilakukan anak-anak. Inilah yang kemudian membuat mereka belajar bahasa dengan sangat cepat. 

Besar sekali keinginan saya agar pemelajar di kelas bahasa saya juga bisa belajar dengan menggunakan lagu. Namun, tidak mudah untuk membujuk mereka untuk bernyanyi. Soalnya, yang dinyanyikan bukan lagu "Baby Shark". 

Pemelajar di kelas saya adalah mahasiswa asing yang sedang belajar Bahasa Indonesia. Pemelajar ini ada di kelas yang sering disebut program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). 

Saya pernah berusaha keras membujuk pemelajar di kelas saya untuk mau menyanyikan lagu Anak Ayam. Ada yang ingat bagaimana melantunkan lagu ini? Begini loh dua baris lirik pembukanya,

"Tek kotek kotek kotek,  anak ayam turun berkotek.

Tek kotek kotek kotek, anak ayam turun berkotek."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3