Mohon tunggu...
Alam Maulana Putra Santoso
Alam Maulana Putra Santoso Mohon Tunggu... N/A

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga NIM 20107030057

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Mengenal Karya Seni Lettering

24 April 2021   00:01 Diperbarui: 24 April 2021   00:55 195 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Karya Seni Lettering
Dok Pribadi @cnan._

Tulisan Lettering ? mungkin bagi beberapa orang lettering adalah suatu hal yang asing. Ya seni ini adalah merupakan suatu karya yang disajikan dengan menggambar huruf huruf yang di modifikasi menjadi sekian bentuk hingga membuat huruf itu tampak indah hasil dari kombinasi antara huruf dan gambar yang menjadikan sebuah karya seni. Meskipun lettering di sajikan dengan gambaran tangan maupun media digital namun pada sejatinya seni lettering pada hakikatnya seni lettering merupkan karya seni tangan.

Lettering berbeda dengan seni tipografi, bisa dikatakan seni lettering adalah seni menggambar huruf sedangkan tipografi merupakan seni menyusun huruf, terutama pada bidang percetakan ataupun publikasi. Cherly Noor Ardi Nugroho, pria 26 tahun asal Magelang ini menekuni seni lettering ini sejak 2015 yang awalnya dari hobi kini menjadi profesi, Cherly memilih profesi ini karena lettering menjadi hobi yang ditekuni serta support dari rekan rekanya untuk profesi ini.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
Sama halnya dengan kaligrafi, lettering sama dengan seni menulis namun berbeda dengan teknik membuatnya. Lettering dibuat dengan cara menggambar huruf huruf berdasarkan keterampilan juru gambar dan terdiri dari beberapa kombinasi yang spesifik dari berbagai bentuk yang dibuat untuk menciptakan karya seni.

Setiap seni lettering memiliki ciri khas huruf tersendiri yang dibuat oleh penulisnya, Misalnya seperti Cherly menggunakan style huruf script. Yang bisa membuat oranglain paham siapa pencipta karya tersebut. Biasanya lettering dibuat dengan menggunakan brush pen dan deberi ornament agar karya lettering tampak lebih indah dan menarik untuk dilihat

Untuk mempelajari lettering bisa dengan cara online maupun online baik gratis maupun berbayar Jika belajar offline anda akan dilatih langsung oleh sang maestro dan juga lebih detail penjelasanya daripada anda belajar secara online, kesempatan bertanya kepada sang maesto pun pasti lebih banyak sehingga anda dapat lebih cepat memahami dan menulis seni lettering, dan juga jika anda bersama teman anda yang satu circle latar belakang ingin belajar seni lettering anda juga bisa sharing sharing tentang pembelajaran menulis lettering serta jika ada kendala anda bisa langsung berkonsultasi kepada yang lebih lihai maupun kepada guru lettering tersebut

Alat alat yang dibutuhkan  untuk menggambar seni lettering yang paling utama untuk belajar adalah kertas, karena kertas adalah media yang paling mudah didapat serta jika anda menemui kesalahan saat berlatih skill lettering anda dapat mengulanginya dengan cara simple dan juga menghemat budget anda. Selain kertas terdapat brush atau kuas  dan tinta, untuk menunjang bentuk  dan warna yang indah sesuai yang anda inginkan. Jika anda menggunakan media kertas disarankan untuk mengawali dengan pensil agar mudah dihapus saat anda menemui kekeliruan saat menggambar.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi
Teknik dasar untuk membuat karya seni lettering ada 2 yakni gaya upstroke dan gaya downstroke. Pada Teknik upstroke dilakukan dengan cara menggoreskan tinta / cat / atau pewarna yang dilakukan dari atas ke bawah, Teknik upstroke goresan yang dihasilkan akan cenderung lebih tipis, karena brush yang digunakan tidak tidak terlalu ditekan. Sedangkan Teknik downstroke enghasilkan goresan lebih tebal dan kuat, karena pada Teknik ini berarti menggoreskan brush dari atas ke bawah  dengan menekan brush untuk menghasilkan goresan yang lebih tebal dan kuat. 

Setelah mempelajari Teknik upstroke dan Teknik downstroke pembuat lettering akan mmepelajari Teknik menguasai anatomi huruf dan angka. Selanjutnya setelah menguasai Teknik dasar tersebut., untuk membuat lettering harus juga memperhatikan  jarak antar huruf dan angka. Untuk membuat seni lettering harus mencermati anatomi tebal tipis setia huruf itu sendiri. 

Ini sangat penting karena butuh konsistensi dan konsentrasi yang tinggi, karena jika tidak hasilnya akan menjadi berantakan, dan tak sesuai denga napa yang anda inginkan. 

Untuk mendapatkan konsistensi dan konsentrasi tinggi anda harus memiliki mood yang bagus serta suasana pikiran yang tenang agar hasil yang didapat bisa memuaskan. Serta anda tidak bisa membuat karya lettering dengan terburu buru, karena jika terburu buru hasilnya tidak akan mungkin seperti yang anda ekspetasikan.

Selain itu anda juga bisa bergabung dengan komunitas komunitas lettering baik di kancah media sosial maupun offline sesuai dengan regional anda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN