Imamuddin
Imamuddin

Mahasiswa UIN Malang Jurusan Bahasa Arab

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Media Pembelajaran Memudahkan Pemahaman Siswa dalam Mempelajari Bahasa Arab

3 Desember 2018   14:03 Diperbarui: 3 Desember 2018   14:14 158 0 0

Era teknologi saat ini mensyaratkan semua aspek kehidupan mau tidak mau harus menggunakan produk teknologi. Harus diakui bahwa teknologi memiliki dampak yang begitu luar biasa dalam kehidupan, misalnya Seseorang yang tidak mempunyai HP dikatakan ketinggalan zaman, seorang mahasiswa yang tidak mengerti internet dikatakan jadul/gaptek, begitu juga dalam dunia pendidikan yaitu kegiatan belajar mengajar.

Adanya sarana dan prasarana sangat mencerminkan kualitas dari lembaga pendidikan. Sekolah yang berada di pedesaan dan di perkotaan akan sangat terlihat berbeda, seperti halnya kebanyakan orangtua lebih memilih untuk menyekolahkan anak-anaknya  di kota karena memiliki teknologi atau sarana dan prasarana yang lebih memadai dibandingkan dengan sekolah yang berada di desa. 

Sarana dan prasana atau media yang memadai akan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. Dimana proses belajar merupakan suatu kegiatan atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki prilaku serta mengokohkan kepribadian.

Salah satu komponen penting yang mendukung proses pembelajaran diantaranya adalah dengan adanya media pembelajaran. Media pembelajaran secara umum adalah segala sesuatu yang dapat merangsang pikiran, perasaan, dan perhatian di pergunakan sebagai alat bantu proses kegiatan belajar mengajar. 

Dalam bahasa arab media berarti perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Media pembelajaran dapat untuk meningkatkan pemahaman, menyajikan bahan dengan menarik dan memudahkan perserta didik. Selain itu penggunaan media pembelajaran  akan membuat peserta didik  merasa senang dan termotivasi  untuk belajar.

Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan yang akan disampaikan  kepada peserta didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. 

Media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu. Bahkan keabstrakan bahan dapat dikonkretkan dengan kehadiran media. Dengan demikian peserta didik lebih mudah mencerna bahan pembelajarannya.

Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, guru dan peserta didik di tuntut untuk mencari sumber informasi secara mudah dan cepat. Sehingga muncul berbagai macam jenis media yang di khususkan untuk proses pembelajaran, dalam hal ini adalah media pembelajaran bahasa arab. Ada yang dalam bentuk audio, visual, dan audio visual. Kesemuanya itu berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman peserta didik terhadap bahan pembelajaran.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka seorang guru atau peserta didik harus memahami bagaimana memanfaatkan media pembelajaran. Kemampuan penggunaan media menjadi sangat penting guna tercapainya hasil belajar yang maksimal. 

Maka dari itu guru maupun peserta didik harus pandai dalam memilih media, termasuk cara pemanfaatannya dalam proses belajar mengajar.