Mohon tunggu...
Rif Muhamad
Rif Muhamad Mohon Tunggu... Penulis dan Peneliti Ilmu Sosial

Santri Jurnalistik Writing Is Not a Theory But Writing Is Practice

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Waktunya Menambah Skill Menulis (For Beginner Writer) di Bulan Ramadhan

15 April 2021   11:55 Diperbarui: 15 April 2021   12:01 589 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waktunya Menambah Skill Menulis (For Beginner Writer) di Bulan Ramadhan
Waktunya Menambah Skill Menulis (For Beginner Writer) di Bulan Ramadhan (By/Jesica)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, dimana semua amal ibadah di lipat gandakan. Terlebih, ketika seorang individu berada pada tahap mencari ilmu, salah satunya adalah dalam tahap belajar menulis. Menulis menjadi salah satu kompetensi yang saat ini sangat di butuhkan, agar menjadi budaya pada diri individu atau kelompok.

Pada dasarnya menulis menjadi bagian dari kegiatan literasi, karena literasi sendiri merupakan proses melek aksara melalui membaca dan menulis. Jika, berbicara literasi di negara Indonesia, maka kita harus menerima kenyataan yang cukup pahit. Karena, Indonesia menjadi negara yang cukup terbelakang dalam hal literasi. Beberapa hasil riset dunia yang telah terpublikasi cukup memberikan kita pelajaran.

Perlukah Literasi Untuk Individu? (Dok/Beritagar.id)
Perlukah Literasi Untuk Individu? (Dok/Beritagar.id)
PISA,sebagai lembaga riset dunia pada tahun 2015, melakukan riset tentang literasi di berbagai penjuru dunia dan yang cukup mengagetkan adalah negara Indonesia menjadi negara dengan nomer urut ke-62 dari  70 negara dunia. Sedangkan lembaga riset dunia CCSU pada tahun 2016, menempatkan indonesia pada posisi ke-60 dari 61 Negara. Suatu rangkaian hasil riset yang perlu adanya perbaikan dalam kompetensi literasi di semua lini, mulai dari lingkungan pendidikan hingga lingkungan masyarakat.

Berdasarkan, beberapa hasil riset di atas, maka secara individu ataupun kelompok. Sudah saatnya melakukan start untuk memperkuat literasi berupa membaca dan menulis sedini mungkin. Membaca dan menulis menjadi satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Maka, jika seorang individu mempunyai keinginan untuk dapat menulis dengan baik, maka pertanyaan yang harus di lontarkan adalah, sudahkah anda membaca, tentang apa yang ingin anda tulis?.

Namun, perlu diingat apakah hanya dengan suka membaca, kemudian individu mahir juga dalam menulis? Jawabannya "Belum Tentu", karena menulis juga memerlukan satu pembiasaan dan praktik secara bertahap (not just theory) Karena, menulis merupakan proses "penuangan ide" yang ada dalam ranah abstraksi di otak manusia. Jadi, dapat di pastikan memerlukan proses yang cukup dan tepat dalam menuangkannya.

Jangan Lupa Terapkan 5 Trik dalam Menambah Skill Menulis Kalian (Dok/Evenkampus.com)
Jangan Lupa Terapkan 5 Trik dalam Menambah Skill Menulis Kalian (Dok/Evenkampus.com)
Beberapa trik yang sering di lakukan penulis secara pribadi agar dapat meningkatkan skill menulis. Pertama, Biasakan membaca tentang apa yang nantinya ingin anda tulis. Jika, anda ingin menulis novel maka bacalah novel, jika anda ingin menulis artikel ilmiah, maka bacalah artikel ilmiah. Kedua, mencoba secara continue untuk menulis di mana pun dan kapan pun, ketika ide itu ada pada otak segera tuangkan dengan bentuk tulisan baik di dalam buku atau berbentuk ketikan di dalam smart phone/leptop. Ketiga, setelah tulisan jadi, baca berulang-ulang. Keempat, jangan pernah menyerah ketika tulisan tidak sesuai dengan ekspektasi anda, karena tulisan terbaik merupakan hadiah bagi mereka yang sudah terbiasa menulis. Kelima, setelah membaca tulisan ini, segeralah menulis.

Terutama, di dalam bulan Ramadhan, kita sebisa mungkin meluangkan waktu untuk menulis.  momen Ramadhan merupakan momen istimewa, maka melakukan hal istimewa (menulis) adalah suatu kebaikan yang harus dilakukan secara continue. Semakin kita belajar menulis, semakin kita akan mendapatkan madunya.  Meskipun adanya kegagalan jangan di hiraukan. Karena kegagalan merupakan suatu keberhasilan yang yang tertunda. Terus mencoba, karena tanpa mencoba kita tidak akan pernah tau dimana posisi kita saat ini.

Welcome Ramadhan and Welcom Spirit For Writer (Dok/Nova)
Welcome Ramadhan and Welcom Spirit For Writer (Dok/Nova)
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Bulan Ramadhan 1442 H. dan selamat mencoba untuk meningkatkan skill menulis anda.

#SEMOGA BERHASIL SOBAT

VIDEO PILIHAN