Mohon tunggu...
fadlan ady daya
fadlan ady daya Mohon Tunggu... Administrasi - Wiraswasta

saya anak pertama dari dua bersaudara, sekrng masih kuliah di undip smrg.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kauman Batik Art Festival Kampoeng Batik Kauman

12 November 2022   20:34 Diperbarui: 12 November 2022   21:05 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pekalongan berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, Kabupaten Batang di Timur, serta Kabupaten Pekalongan di sebelah Selatan dan Barat, dan terletak di Jalur Pantura. Pekalongan berjarak 101 km sebelah barat kota Semarang, atau 384 km sebelah timur Jakarta. Pekalongan dikenal dengan julukan "Kota Batik", karena batik Pekalongan memiliki corak yang khas dan variatif. 

Pada tahun 2021, jumlah penduduk kota Pekalongan sebanyak 315.997 jiwa dengan kepadatan 6.983 jiwa/km. (Wikipedia) Kampung Batik ini terletak di kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur yang terkenal sebagai pusat pengrajin batik sejak lama. 

Kampung Kauman disinyalir merupakan kampung pertama yang ada dikawasan pekalongan mengingat dikampung kauman banyak ditemukan rumah-rumah kuno peninggalan di masa lalu dan masjid jami' yang didirikan tahun 1852. 

Selain itu, arsitektur rumah-rumah lawas tempat tinggal perajin dari generasi ke generasi juga menjadi daya tarik tersendiri. Dugaan kampung batik kauman sebagai kampung tertua di kota pekalongan makin kuat setelah ditemukan batik yang merupakan perpaduan batik arab dengan india yang disebut batik jlampang dan batik pengaruh dari cina yang disebut batik encim yang telah lama di kampung batik kauman.

https://tourism.pekalongankota.go.id/destinasi/2-Kampung%20Batik%20Kauman

Kemudian Pengakuan batik sebagai warisan dunia ini berlaku sejak Badan PBB untuk Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan atau UNESCO, menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 yang pada akhirnya jatuh di kota Pekalongan kemudian di Kampoeng batik Kauman. 

Sejak saat itu Kampoeng batik Kauman berbenah hingga akhirnya tahun 2018 pergantian pengurus. Pengurus muda mulai 2018 regenerasi hingga sekarang, saat kepengurusan Kampoeng batik Kauman pertama kali adanya showroom bersama, sekretariat bersama serta tempat untuk pelatihan dan semua itu ada di OEMAH KREATIF KMPOENG BATIK KAUMAN. 

Sebuah tempat untuk mengasah kreativitas serta sebagai tempat jika ada wisatawan dari luar negeri maupun dalam negeri untuk melihat batik atau kegiatan di Kauman kemudian kegiatan itu berisikan : 1. Live musik 2. Ajang silaturahmi komunitas 3. 

Ajang unjuk umkm khusus Kauman dan umumnya kota Pekalongan event itu biasanya 1 hari. Namun ada praevent yaitu diawali dengan tasyakuran. Saat event berlangsung semua harus jalan kaki tidak ada yang berkendara, disamping itu juga ada Pranggok on the stret yaitu membuat batik di pinggiran jalan raya, event ini salah satu rangkaian pra event. 

Alhamdulillah saat Pranggok on the stjeat digelar semua berkendara ramah. Alhamdulillah sudah 5x event kbaf digelar serta sudah mendapatkan support dari kementerian pariwisata dan Dinas pariwisata provinsi Jawa tengah.

Saat pandemi tiga semua kegiatan mati namun dengan kreativitas pengurus dan pemuda kegiatan tersebut digelar secara darling dengan prokes yang sangat ketat semua tteam produksi event harus divaksin dan menggunakan masker serta perlengkapan kesehatan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun