Mohon tunggu...
Suciarti Wahyuningtyas
Suciarti Wahyuningtyas Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger dan Food Fotografer

Content Creator | Blogger | Photographer

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Pentingnya Menjaga Kesehatan Menjelang Libur Lebaran

17 Mei 2019   13:02 Diperbarui: 17 Mei 2019   13:12 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak terasa sudah memasuki hari ke 13 berpuasa bagi umat muslim, mudah-mudahan puasanya selalu diberi kelancaran. Setiap bulan ramadan datang, hal yang paling banyak dinanti adalah bisa berlebaran bersama anggota keluarga. Tidak sedikit pula yang melaksanakan lebaran di kampung halamannya. Makanya banyak yang bilang hal yang ngangenin itu adalah perjalan mudik ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga besar.

Tapi bagi mereka yang tidak melakukan mudik buka berarti tidak bisa menikmati libur lebaran bersama anggota keluarga. Contohnya seperti saya nih, kami sekeluarga tidak pernah mudik karena memang keluarga besar semuanya ada di Jakarta. Jadi kami pun gak mau kalah sama yang libur lebaran di kampung. Yang pasti saya sudah membuatkan daftar liburan selama lebaran nanti, walaupun hanya di Jakarta dan sekitarnya saja.

Sebelum libur lebaran datang, banyak hal yang harus dipersiapkan loh. Jangan sampai karena euforia liburan jadi mengabaikan hal yang satu ini loh. Hal yang paling penting adalah menjaga kesehatan. Jangan sampai kita abai juga nih kesehatan tubuh, karena kondisi tubuh kita hanya kita yang mengetahuinya.

Karena ini lagi bulan puasa justru kita harus pintar nih menjaga kesehatan. Kebetulan saya sendiri melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Konsumsi sayur, setiap berbuka puasa dan sahur saya mengharuskan mengkonsumsi sayur terutama sayur hijau.

2. Mengurangi karbohidrat disaat berbuka puasa, selama bulan ramadan saya tidak mengonsumsi nasi pada saat berbuka puasa. 

3. Konsumsi buah, nah yang ini paling penting nih karena biasanya suka males makan buah tapi ini hal wajib setiap berbuka dan sahur.

4. Olah raga kecil, biasanya olah raganya pagi tapi karena ini bulan puasa jadi saya mengganti olah raga pada saat sore hari sekalian ngabuburit.

5. Tidur yang cukup, jujurlah kadang saya merasakan setiap bulan puasa bakal membuat jam tidur saya berantakan. Ternya hal ini bisa diminimalisir loh. Jadi selama puasa saya selalu tidur lebih awal, dan biasanya sehabis sahur saya tidak langsung tidur.

6. Tidak makan berlebihan saat berbuka puasa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun