Politik

Partai Buruh: Sutiyoso Layak Menggantikan Imam Nahrawi Sebagai Menpora

29 Juli 2017   00:35 Diperbarui: 29 Juli 2017   21:32 576 0 0
Partai Buruh: Sutiyoso Layak Menggantikan Imam Nahrawi Sebagai Menpora
Sutiyoso

Kabar perombakan kabinet yang dikabarkan akan segera dilakukan oleh Presiden Jokowi dalam waktu dekat ini ditanggapi positif oleh Ketua Umum Partai Buruh Sonny Pudji Sasono. Menurutnya, reshuffle perlu dilakukan sesegera mungkin. Terlebih lagi, kondisi negara saat ini memang sedang membutuhkan sosok yang mampu memberikan solusi serta perbaikan kinerja di beberapa kementerian.

"Dalam kondisi negara yang seperti sekarang, Presiden Jokowi memang harus sesegera mungkin melakukan reshuffle kebinet di beberapa kementerian," tandas Sonny Pudji Sasono melalui keterangan tertulis, pada Jumat (14/07/2017).

Menurut Sonny, terdapat beberapa menteri yang memang seharusnya layak diganti dengan sosok yang lebih baik, salah satunya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga. Apalagi, Kementerian ini sempat membuat Presiden Jokowi marah karena mendapatkan predikat Disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Presiden Jokowi sangat marah ketika mengetahui Kempora kembali mendapat disclaimer dari BPK. Apakah kementerian seperti itu akan dipertahankan menterinya?" tanya Sonny.

Lebih lanjut, Sonny juga mengatakan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga pada saat ini sudah sangat ketinggalan dari segi kinerja maupun prestasi dibandingkan dengan kementerian lainnya. Apalagi, dalam beberapa kasus, Imam Nahrawi kerap menimbulkan kebijakan yang kontroversial dan menuai banyak kritik dari masyarakat.

"Dibandingkan kementerian lain, kementerian ini benar-benar tertinggal," ujar Sonny.

Saat ditanyai mengenai siapa sosok yang layak untuk menggantikan Imam Nahrawi, Sonny lantas menyarankan Sutiyoso atau Bang Yos sebagai sosok yang dinilai paling layak untuk menggantikan Imam Nahrawi.

"Jika Menpora akan diganti, saya melihat sosok Sutiyoso atau Bang Yos, sangat layak menjadi penggantinya," kata Sonny.

Sonny beralasan, Sutiyoso layak menggantikan Imam sebagai Menpora karena Bang Yos dinilai kaya akan pengalaman, khususnya dalam bidang pemuda dan olahraga. Selain pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta selama 2 periode, Bang Yos juga pernah menduduki posisi sebagai Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) serta menjadi Pembina Klub Sepakbola Persija Jakarta.

"Bang Yos punya pengalaman menjadi gubernur Jakarta, memimpin olahraga, khususnya bulu tangkis dan sepak bola. Sebagai mantan gubernur dan Pangdam Jaya, dia juga punya pengalaman dan ketegasan. Mudah-mudahan di tangan Bang Yos, Kemenpora bisa lebih baik dan tak akan mendapat disclaimer lagi dari BPK," tandasnya.

Selain itu, Sutiyoso juga memiliki kedekatan yang baik dengan Presiden Jokowi. Apalagi dulunya Bang Yos pernah menjadi salah satu tim pemenangan Presiden Jokowi pada Pilpres 2014 lalu. Dengan kedekatan yang baik tersebut, Sonny optimis bahwa pola komunikasi antara Presiden Jokowi dengan Bang Yos akan terjalin lebih baik saat nantinya benar - benar menduduki posisi Menpora.

"Apalagi beberapa waktu lalu, Bang Yos dipercaya Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai kepala BIN" Kata Sonny.

Terlebih lagi, sebentar lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan olahraga bergengsi Asian Games 2018. Tentu saja, sosok Bang Yos dinilai akan mampu menjaga marwah dan nama baik Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 apalagi nantinya diamanahkan sebagai Menpora oleh Presiden Jokowi.

Moga-moga jika Bang Yos jadi Menpora, Indonesia bakal sukses meraih prestasi di Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta," ujarnya optimis.