Mohon tunggu...
Aksara Sulastri
Aksara Sulastri Mohon Tunggu... Wiraswasta - Freelance Writer Cerpenis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Lewat aksara kutuliskan segenggam mimpi dalam doa untuk menggapai tangan-Mu, Tuhan. Aksarasulastri.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Kisah Ramadan, Awal Kehamilan Tetap Berpuasa

9 Mei 2021   10:58 Diperbarui: 9 Mei 2021   11:08 494
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar Ibu Hamil Pixabay.com

Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sekarang Saya sudah berumah tangga, dalam kondisi hamil muda. Masuk trimester pertama kehamilan, sudah terhitung sekitar 12 Minggu lebih mendekati 4 bulan. 

Karena sudah terbiasa sebelum menikah, Saya selalu berusaha menjalankan ibadah puasa dengan penuh semangat. Rasanya sulit untuk dihilangkan. Saya ingin belajar, dalam keadaan hamil. Apakah saya kuat berpuasa? 

Memang dalam hukum Islam berpuasa bagi Ibu hamil tidak wajib. Hanya saja, ini kehendak diri Saya sendiri. Jujur Suami sudah melarang. Jika tidak kuat jangan dipaksakan! Bahkan Saya belum konsultasi kepada Dokter terlebih dahulu. Selama ini Saya yakin kondisi kehamilan, alhamdulillah dalam keadaan baik. 

Namun, seiring berjalannya waktu Saya sering mengalami perut keram dan kencang di bagian bawah pusar. Apabila terlalu capai melakukan aktivitas berlebihan seperti memasak dan naik kendaraan motor. Terpaksa puasa Saya harus dibatalkan. Saya akan berbuka dengan makanan bergizi, seperti sayur asam dengan ikan pecak ditambah asupan buah, banyak minum air putih hangat. 

Sekali lagi di sini Saya hanya melihat dari manfaat Ibu hamil yang diperoleh dari media online. Dikutip dari AloDokter.com, selain bisa mengontrol berat badan. Ibu hamil sering kali merasa lebih cepat lapar sehingga bisa meningkatkan risiko mengalami kenaikan berat badan. Bukan itu saja puasa juga dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit diabetes.

Itulah yang membuat Saya tetap berpuasa. Semoga berkah di Bulan Ramadan ini bisa saya dapatkan untuk tetap melakukan kebaikan. 

Salam Kompasiana, salam hangat dari Ibu rumah tangga asal Kota Pemalang.

***

PML, 9 Mei 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun