Mohon tunggu...
akmalbach
akmalbach Mohon Tunggu... Mengajar sejak 2012 di STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Sebagai pengajar di Univ. BSI dan STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pembelajaran Online dengan Aplikasi Google Classroom bagi Ibu-ibu PKK Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok

14 Januari 2021   16:41 Diperbarui: 14 Januari 2021   16:53 17 0 0 Mohon Tunggu...

Kelurahan Kebon Bawang yang beralamat di Jl. Swasembada Timur I, Kelurahan Kebon Bawang Kecamatan Tanjung Periok Jakarta Utara (14320), secara Administrasi Pemerintahan tersebut merupakan salah satu yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Priok, Kota Administrasi Jakarta Utara yang terbagi menjadi 16 Rukun Warga (RW) dan 195 Rukun Tetangga (RT) dengan luas wilayah seluruhnya adalah 172.7 Ha dengan suhu udara 24-320 C. Kontur tanah Kelurahan Kebon Bawang berada 2 meter di atas permukaan laut, dengan batas-batas sebagai berikut:

       ●  Sebelah Utara  : Kali Lagoa Kanal Kelurahan Tanjung Priok

       ●  Sebelah Timur  : Jl. Yos Sudarso Kelurahan Rawa Badak

       ●  Sebelah Selatan: Kabel Tegangan Tinggi Kelurahan Sungai Bambu

       ●  Sebelah Barat  : Kali Buntu Kelurahan Sungai Bambu

Penduduk di wilayah Kelurahan Kebon Bawang sangat heterogen, oleh karena terdapat banyak suku bangsa yang tinggal/menetap di wilayah Kelurahan Kebon Bawang. Adapun jumlah penduduk berdasarkan data laporan Dinas Kependudukan bulan September 2017, jumlah penduduk dalam wilayah Kelurahan Kebon Bawang yang terdiri dari 16 RW dan 195 RT jumlah Kepala Keluarga sebanyak 22.886 KK dan jumlah penduduknya sebanyak 70.319 jiwa yang terdiri dari  Laki-laki sebanyak 35.583 jiwa dan Perempuan sebanyak 34.736 jiwa

Dalam sistem rentang kendali gerakan PKK, Tim Penggerak PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK. Hubungan antar tim penggerak bersifat konsultatif dan koordinatif dengan tetap memperhatikan hirarki fungsi gerakan PKK Provinsi DKI Jakarta. Hubungan antara Tim Penggerak PKK Kelurahan Kebon Bawang dengan Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK Kelurahan yang diketuai oleh Lurah Kebon Bawang bersifat konsultatif dan koordinatif.

Kekurangan dan yang menjadi kebutuhan yang diinginkan oleh Tim Penggerak PKK yang didominasi oleh Ibu-Ibu PKK adalah bagaimana dalam kondisi seperti Pandemik Covid-19 agar dilingkungan kegiatan PKK dapat dilakukan dan dapat bersilaturahmi seperti kondisi sebelum Covid-19 serta dapat menjalankan program kerja di lingkungan Ibu-Ibu PKK Kelurahan Kebon Bawang dengan melaksanakan sharing materi dan program kerja dilingkungan Ibu-Ibu PKK dikelurahan Kebon Bawang pada khususnya.

Dokpri
Dokpri
Dengan demikian kami dari Tim Dosen yang dibantu sejumlah Mahasiswa Kampus STMIK Nusa Mandiri, siap membantu dalam mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi bersepakat dengan apa yang manjadi kekurangan di lingkungan Ibu-Ibu PKK Kelurahan Kebon Bawang Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara untuk memberikan materi dan bimbingan dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat dan menjawab segala bentuk kekurangan dan memenuhi keinginan Ibu-Ibu PKK Kelurahan Kebon Bawang dengan memberikan materi pelatihan komputer berupa Pembelajaran Online dengan Aplikasi Google Classroom di Era Pandemik Covid-19 Bagi Pengurus Ibu-Ibu PKK Kelurahan Kebon Bawang Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Dokpri
Dokpri
Pengabdian kepada Masyarakat ini akan diadakan pada:

Hari                 : Sabtu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN