Mohon tunggu...
Muhamad akmal alfazar
Muhamad akmal alfazar Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa ilmu komunikasi UIN sunan kalijaga, NIM 20107030113

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Orang Lain Mulu, Diri Sendiri Kapan?

6 Maret 2021   12:49 Diperbarui: 7 Maret 2021   18:32 113 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orang Lain Mulu, Diri Sendiri Kapan?
biologyterpadu.blogspot.com

self reward merupakan suatu hal penting yang haruskamu lakukan, karena dengan memberikan hadiah kepada diri sendiri itu bisamenambah semangat yang ada di dalam diri kita sendiri contohnya adalah ketikakita merasakan lelah dan letih setelah bekerja, kita membutuhkan semanagat makalakukan lah self reward atas apa yang kita lakukan. Tidak perlu yang berlebihancukup dengan berjalan-jalan santai metikmati uadara segar.

Dengan self reward kita bisa menghilangkan rasapenat, stress, bahkan depresi itu lah mengapa self reward itu sangat penting dilakukan. Self reward itu tidak harus yang mahal-mahal seperti jalan-jalankeluar kota yang membutuhkan budget lebih atau menginap di hotel yang mewah danlain sebagai bagainya.

Banyak orang rela merogoh kantong cukup dalam untuk memberikan hadiah kepada orang lain, memang tidak salah kita memberikan hadiah kepada orang lain tapi jangan  sampai lupa kepada diri sendiri bahwa kita juga butuh yang namanya hadiah dari diri sendiri. Bukan berarti dilarang memberi hadiah kepada orang lain sebelum kepada diri sendiri hanya saja jangan orang lain melulu yang dikasih, diri kita sendiri juga butuh. 

Mereka hanya memikirkan bagai mana cara memberikanhadiah kepada orang lain tapi diri sendiri nya tidak difikirkan, stop semua itudari sekarang mulai lah memikirkan hadiah untuk diri mu sendiri. Memang,memberikan seseorang hadiah adalah sebuah kebaikan akan tetapi sebelum itufikirkan lah diri mu sendiri demi kebaikan dirimu sendiri

Kira-kira apa saja sih maanfaat dari self reward?.Berikut adalah manfaat dari self reward :

1.     Lebihmencintai diri sendiri

orang yang melakukan self rewadpasti dia menjaga dirinya, maksudnya gini ketika ada orang yang mengajak kitakepada hal yang negatif masti dia menolaknya karena dia tau bahwa itu tidakbaik untuk dirinya sendiri.

 

2.     Me-refreshotak dan hati

semua orang pasti akan senang jikamereka di kasih hadiah begitu pun diri kita sendiri. Pasti perasan kita menjadisenang dan ketika hati senang beban diotak pun pasti terangkat dan menjadikankita selalu berfikir positif

 

3.     Menjagaagar tetap semangat.

sama halnya dengan suatu perusahandengan memberikan reward kepada para karyawannya agar memacu semangat parakaryawannya dalam bekerja begitu pun diri kita kita memberi reward kepada dirikita sendirir agar kita bisa menambah semangat kita untuk melaksanakan suatuhal aktifitas atau bahkan semangat agar tetap hidup.

 

4.     Menguatkanmental.

Dengan memberikan diri kita hadiahsebagai apresiasi untuk diri kita sendiri setelah apa yang kita lakukan, itukan membuat mental kita up lagi yang tadinya mental kita down semisal, danmenguat kan mental kita.

Bagaimana sih caraya kita memberikan hadiah untuk diri kita sendiri?. Ada bebrapa yang kamu bisa lakukan, berikut adalah cara melakuan self reward kepada diri sendiri : 

1.     Lakukanhal apa yang kita inginkan.

Semisal kita ingin menonton bioskopsetelah penat melakukan aktifitas seharian, maka lakukan lah anggap bahwamenonton bioskop itu sebagai hadiah kepada diri kita sandiri. Dengan begiturasa penat kita akan menghilang dan bersemangat melakukan aktifitas pada hariesok.

 

2.     Targetdan Hadiah

Lakukan perjanjian dengan dirisendiri, berjanjilah ketika mencapai suatu target yang kita tentukan, kita akanmendapat apa yang kita inginkan. Tapi jangan sekalili melakukan apa yang kitainginkan sebelum janji itu terpenuhi atau mencapai batasnya karna itu akandapat menggurangi rasa istimewanya. Contohnya adalah ketika kita mempunyaitarget bahwa kita harus mendapatkan peringkat pertama di kelas atau di kampus,nanti ketika kita mendapatkan peringkat pertama maka kita akan mendapat hadiahyang kita tentukan sebelumnya. Dengan begitu kita akan bersemanagt berusahauntuk mendapatkan peringkat pertama. Semisal kita tidak mendapatkan peringkatpertama tetaplah melakukan apa yang sudah kita janjikan sebelumnya,meskipun  kita tidak dapat peringkatpertama setidaknya kita sudah memberikan yang terbaik dan supaya rasa semangatkita tidak hilang dan terus berusaha lagi.

 

3.     Memanjakandiri.

ambilah cuti dan manjaka diri mudengan berlibur ketempat yang kamu suka, kamu berhak berlibur setelah melakukanaktifitas berat.semisal tidak memungkinkan untuk liburan, kamu hanya perluistirahat sejenak bermeditasi lah hirup nafas panjang. anggap itu sebagaihadiah dari kamu untuk diri mu sendiri dengan begitu kamu akan merasa senangterhadap diri kamu sendiri

 

begitu lah kira-kita manfaat dan bagai mana carauntuk melakukan self reward, tentunya kita butuh apresiasi diri dari setelahapa yang kita lakukan, mulai lah mengapresiasi diri dengan cara memberikanhadiah kepada diri sendiri. Apresiasikan diri mu sendiri sesuka hati mu berikanhadiah terbaik untuk diri mu sendiri dengan begitu kamu akan percaya pada dirimu sendiri.

Banyak orang tidak tahu caranya mengapresiasikan diri sehingga mereka merasa stress yang berkelanjutan dan merasa depresi hingga memilih untuk mengakhiri hidupnya 

Gunakan lah self reward itu untuk tujuan dan niatyang baik dengan begitu hasilnya pun akan berbuah baik karena sesuatu yangdiniati dengan baik akan berakhir dengan baik pula.

Cintailah dirimu sendiri sama halnya kamu mencintaipujaan hatimu, karena hidup berawal dari diri sendiri.

Jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini atauada yang mengganjal di hati saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, sekian danterima kasih.


-       tetap semangat dan jangan lupa tersenyum:D   -

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x