Mohon tunggu...
Muhamad akmal alfazar
Muhamad akmal alfazar Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa ilmu komunikasi UIN sunan kalijaga, NIM 20107030113

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

[Bukan Khutbah Jumat] Tentang Iri Hati

5 Maret 2021   05:30 Diperbarui: 5 Maret 2021   11:43 74 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Bukan Khutbah Jumat] Tentang Iri Hati
Dokumen penulis

Yang namanya manusia tidak pernah lepas dengan yangnama iri hati, hal tersebut seakan-akan sudah mendarah daging dengan dirimanusia. Karena manusia tidak akan merasa cukup dengan apa yang ia punya saatini, mereka akan sesalu berusahan untuk mendapatkan lebih dan lebih banyak lagidengan menghalalkan segala cara.

Sebelum itu, Apa sih iri hati itu? Dan bagaimanacara mengatasinya?

Dilansir dari laman Wikipedia Iri hati, terkadangdisebut juga dengki atau hasad, adalah suatu emosi yang timbul ketika seseorangyang tidak memiliki suatu keunggulan—baik prestasi, kekuasaan, ataulainnya—menginginkan yang tidak dimilikinya itu, atau mengharapkan orang lainyang memilikinya agar kehilangannya.

Contohnya : semisal ada tetangga kita baru belikendaraan baru, langsung sinis langsung menuduh bahwa uang yang di gunakanuntuk membeli kendaraan tersebut berasal dari uang haram, dari hasil judi danlain sebagainya.

 Hal sepertiini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarat. Baik itu diindonesia sendirimau pun dinegara lain.

Sebetulnya kita boleh merasa iri hati asalkanmengarah kepada hal yang positif contohnya : ketika teman kita mendapatkannilai yang bagus dikelas nya atau selalu mendapat rangking satu, kita bolehmerasa iri kepada teman kita dan rasa iri tersebut kita gunakan untuk memacukita supaya kita belajar lebih giat lagi.

Ada beberapa cara menurut saya pribadi untuk meredamsifat iri hati tersebut berikut adalah caranya :  

1.    SELALUBERSYUKUR

Kita harus selalu bersyukur atasapa yang kita punya sekrang. Karena apa yang kita punya saat ini menjadi sebuahkeinginan bagi orang lain contoh ketika makan dengan lauk seadanya, kita harustetap bersyukur karena masih bisa merasakan kenyang meskipun dengan lauk yangseadanya, diuar sana masih banyak orang meninggal karena kelaparan. Bahkanbeberapa orang mohon maaf memakan makanan sisa orang lain yang sudah dibuang ketempat sampah. Itu lah mengapa harus bersyukur dengan hal sekecil apa pun yangkita punya.

 

2.    SELALUMERENDAH

Merendah sampai orang lain tidakbisa merendahkan mu. Begitu lah kira-kira kata –kata motivasi yang sering kitadengar, merendah juga adalah salah satu cara untuk meredam rasa iri kita karenadengan merendah kita bisa sadar akan posisi kita contohnya : ketika teman kitamendapatkan reward yang lebih tinggi dari kita, dengan merendah kita bisamelepas reward tersebut dengan ikhlas.

 

3.    BERBAGIDENGAN SESAMA

Berbagi lah dengan orang lain dalamhal apa pun seperti ilmu, harta, waktu dan lain sebagainya  karena dengan berbagi hati kita juga ikutbahagia denangan melihat orang lain bahagia dan jika hati bahagia maka rasa irihati tersebut tidak akan datang kedalam diri kita.

 

4.    SELALUMELIHAT KE BAWAH

Melihat ke bawah disini memilikiartian kita harus melihat orang yang meliliki kekurangan di bawah kita denganbegitu dalam hati kita akan timbul rasa syukur. Contoh ketika kita iri melihatteman kita mempunyai rumah baru, lihat lah kebawah , ke orang yang tidakmempunyai tempat tinggal pasti akan terbesit sebuah pikiran begini “Oh iya yaorang itu tidak memiliki tempat tinggal, kita yang memiliki tempat tinggallayak,  rumah kita tempati sekarangmenjadi keinginan orang tersebut”.

 

Tapi lihat lah ke atas sesekaliguna menjadi motivasi kita supaya kita bergerak lebih giat lagi. dia aja bisa kok membeli mobil bagus masa kitatidak bisa padahal kita memandang langit yang sama, hidup di bumi yang sama danjuga sama-sama makan nasi

 

5.    JADILAH DIRI SENDIRI

Dengan menjadi diri kita sendirikita akan fokus pada apa yang ada dalam diri kita sendiri dan juga lebih bisa menghargaidiri kita sendiri, asah bakat kita sesuai dengan bidangnya masing-masing,albert Einstein bernah berkata “"Semua orang jenius. Tetapi jika Andamenilai seekor ikan dengan kemampuannya memanjat pohon, ia akan hidup seumurhidup dengan percaya bahwa itu bodoh." Setiap orang pasti akan menujukesuksesan masing-masing hanya saja jalan menuju jalan kesuksesannya saja yangberbeda

 

6.    BERSIKAPTIDAK PEDULI

Berusaha lah tidak peduli denganapa yang orang lain, punya meski pun bersikap tidak peduli itu terdengar mudahdilakukan tapi pada kenyataan kita selalu saja kefikiran. Semakin kita berusahatidak memikiran justru itu malah akan membuat kita semakain memikarannya.Mungkin saya mempunyai saran mengenai hal itu jika kefikiran hal tersebut, makafikirkan lah saja nanti lama kelama juga lupa atau teralihkan dengan dengan halyang lainnya

 

7.    SELALUMENDEKATKAN DIRI DENGAN YANG MAHA KUASA

Selalu berdoa lah kepada tuhan agarkita dijauhkan dari rasa iri dan teman-teman dengan kita selalu mendekatkandiri dengan tuhan maka hati kita akan tenang. Tuhan tidak akan salah membagirezeki kepada setiap hambanya hanya saja masalah waktu dan usahaka kita dalammendapatkannya dan dari pada iku harus di bareng dengan doa.

 

Semua itu tidak akan berguna jika diri kita tidak adarasa untuk menghilangkannya, jadi kuatkan lah hati teman-teman semua. Semuanyatidak ada yang tidak mungkin jika kita berudaha dengan sekuat tenaga.

Kira-kira seperti itulah cara meredam bahkan mungkinmenghilangkan rasa iri hati menurut saya pribadi,  jika ada yang salah atau mengganjal sayamemohon maaf yang sebesar-besarnya, semoga kalian terbantu dengan artikel ini,sekian terima kasih.

VIDEO PILIHAN