Mohon tunggu...
Akmal Husaini
Akmal Husaini Mohon Tunggu... Wiraswasta - suka menjaga kebersihan

kebersihan sebagian dari iman. Karena itulah jadilah pribadi yang bersih

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Ramadan dan Pesan Toleransi, Setop Hate Speech

9 April 2022   07:11 Diperbarui: 9 April 2022   07:15 472 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Damai Itu Indah - tribunnews.com

Ramadan menjadi bulan yang special bagi seluruh umat muslim. Kenapa special? Karena bulan ini menuntut seluruh umat muslim di seluruh dunia, mengendalikan segala bentuk hawa nafsunya. 

Pengendalian hawa nafsu ini juga bisa diartikan sebagai bagian dari introspeksi diri. Sebuah ruang untuk bisa merenungkan segala bentuk kesalahan, dan berjanji untuk tidak melakukan lagi. 

Namun yang terjadi saat ini, masih banyak melakukan perilaku tidak baik secara vulgar. Baik itu di dunia maya ataupun dunia nyata.

Ketika Ramadan, seringkali kita menyaksikan bagaimana potret toleransi di Indonesia. Banyak orang menunjukkan aktifitas saling berbagi antar sesama. Banyak potret bagaimana umat non muslim memberikan penghormatan pada umat muslim untuk menjalankan ibadah. 

Banyak pula potret bagaimana kebersamaan antar umat muslim, baik itu ketika beribadah di masjid ataupun aktifitas positif lainnya. Semuanya itu dapat kita lihat, karena Ramadan memang menuntut umat muslim untuk memperbanyak ibadah dan perbuatan baik.

Apa yang terjadi di bulan Ramadan, pada dasarnya juga bisa kita lihat dalam perilaku yang selalu ditunjukkan oleh Rasulullah SAW. Tidak pernah ada literasi yang menyebutkan bahwa Rasulullah mengajarkan kekerasan atau permusuhan. 

Nabi selalu mengajarkan perdamaian. Selalu mengajarkan bagaimana menjaga nilai persudaraan dan penghormatan atas sesama, termasuk umat non muslim sekalipun. Dan dalam Islam pun, juga mengajarkan hidupa berdampingan dalam keberagaman.

Namun, dalam perkembangannya manusia seringkali tidak bisa mengontrol bibit negatif yang ada dalam tubuhnya. Bibit negatif yang dimaksud adalah kebencian

Mari kita kontrol kebencian ini agar tidak menyebar. Justru kalua kitab isa kendalikan, pelan-pelan kita hilangkan. Kenapa harus begitu? Karena kebencian hanya akan mendekatkan diri pada intolenrasi dan radikalisme. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan