Mohon tunggu...
Akmal Husaini
Akmal Husaini Mohon Tunggu... suka menjaga kebersihan

kebersihan sebagian dari iman. Karena itulah jadilah pribadi yang bersih

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Merayakan Keragaman di Hari Kemerdekaan

16 Agustus 2019   07:20 Diperbarui: 16 Agustus 2019   07:22 33 0 0 Mohon Tunggu...
Merayakan Keragaman di Hari Kemerdekaan
Indonesia Beragam - olympics30.com

Indonesia adalah negara dengan tingkat keragaman yang tak bisa dibantah. Indonesia merupakan negara dengan jumlah budaya, bahasa, agama yang lumayan besar, yang mungkin belum bisa ditemukan di negara manapun. Keragaman di Indonesia ini ibarat taman bunga yang dipenuhi beraneka ragam warna bunga. 

Warna warni bunga itu bisa menjadi pemandangan yang indah, jika warnanya bisa saling bersandingan dan berpadu dengan warna yang lain. Namun sebaliknya, bisa menjadi paduan warna yang merusak pemandangan, jika tidak bisa saling berdampingan satu dengan lainnya.

Taman bunga itu sama dengan Indonesia. Negara dengan luas wilayah yang sangat besar ini, terbentang pulau-pulau yang terdiri banyak suku, dari Aceh hingga Papua. 

Dalam keanekaragaman suku tersebut, akan bisa menjadi keindahan jika antar suku yang beragam itu bisa saling menghargai, menghormati, tidak saling caci, tidak menebar kebencian dan saling berdampingan satu dengan lainnya.

Nenek moyang kita mengajarkan tentang esensi dari gotong royong. Para pendahulu juga mengajarkan tentang tenggang rasa, toleransi dan berbagai macam kearifan lokal lainnya. Nilai-nilai luhur itu sudah kita kenal sejak kecil, dan harus terus dipertahankan hingga era seakrang ini.

Sayangnya, seiring perkembangan zaman, keragaman budaya dan nilai-nilai luhur itu seringkali mendapatkan gangguan di era modern ini. Memang menjadi problem tersendiri. 

Di era yang serba modern ini, seringkali masih banyak masyarakat yang terprovokasi dengan pesan-pesan kebencian, dengan informasi hoaks yang tidak jelas kebenarannya. 

Dampaknya, keragaman yang menjadi karakter negeri ini terancam. Nilai-nilai kearifan lokal yang sudah kita kenal sejak dulu, pelan-pelan mulai luntur.

Sebagai generasi penerus yang hidup di era yang serba dinamis ini, menjadi tugas kita untuk tetap bisa mempertahankan keberagaman tersebut. Menjadi tugas kita untuk menangkal pesan-pesan kebencian yang seringkali muncul. 

Karena pesan kebencian hanya akan mendekatkan diri pada bibit radikalisme, yang juga terus menyebar memanfaatkan kemajuan teknologi. Mari kita jaga negeri ini dari segala pengaruh negative. Indonesia tidak boleh rusak oleh ulah masyarakatnya sendiri. 

Dan sebentar lagi, kita semua akan merasayakan hari kemerdekaan Indonesia. Mari kita jadikan hari kemerdekaan ini, sebagai momentum untuk tetap menjaga keragaman negeri.

VIDEO PILIHAN