Mohon tunggu...
Akil Wasa
Akil Wasa Mohon Tunggu... Wiraswasta - Author - Director - Script Writer

IG : @akilwasa

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas Indonesia Jangan Jumawa Lawan Curacao

27 September 2022   06:32 Diperbarui: 5 Oktober 2022   14:24 88 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Bola Kompas

Hasil bagus timnas Indonesia di leg pertama fifa matchday melawan Curacao tak lepas dari strategi moncer STY, hal itu juga di dukung oleh daya pemahaman yang tinggi dari para pemain.

Para pemain sangat solid dan displin. Jarak antar lini  sangat rapat dan terukur. Press tinggi yang tak ada henti, serta mampu memanfaatkan set piece dengan baik. Itulah poin yang menjadi faktor kesuksesan timnas menghadang Curacao.

Menuju leg kedua ini, Curacao tentu tak ingin kalah lagi. Tidak ada faktor dan tujuan lain, selain gengsi dan peringkat dunia. 

Apa kata media dunia ?, apa kata suporter Curacao ?, jika mereka yang berada di peringkat 84 di kalahkan oleh tim peringkat 153. 

Oleh sebab itu, saya memprediksi di leg kedua ini, Curacao akan tampil maksimal dan ngotot. Justru Indonesia yang akan cenderung bermain sabar dan menunggu. 

Kemungkinan besar, STY akan menggunakan formasi bertahan dengan serangan balik sambil memanfaatkan set piece di babak pertama dan melakukan formasi menyerang di babak kedua. 

Bisa juga sebaliknya. Yang jelas lagi ini adalah kesempatan bagus bagi STY untuk melakukan rotasi pemain, memberi jam terbang pada pemain dan uji-coba beberapa opsi taktik miliknya. 

Laga akan tetap berjalan sengit. Kemungkinan skor seri atau bisa jadi Indonesia kalah tipis. Karena, kemungkinan besar, STY akan mematangkan formasi bertahan yang selama ini masih menjadi kekurangan Indonesia.

Hasil bukan tujuan utama. Peringkat dunia memang penting tapi bukan segalanya. Yang penting adalah bagaimana menjaga kekompakan tim dengan strategi yang matang dalam berbagai keadaan. 

Curacao bukan tim sembarangan, maka dari itu, ini adalah kesempatan emas bagi Indonesia untuk mengasah kemampuan demi menghadapi event-event penting di masa depan. Tetap fokus dan jangan jumawa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan