Mohon tunggu...
akhmedz faqotz
akhmedz faqotz Mohon Tunggu... 19170066

Manusia biasa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengertian Evaluasi dan Peran Evaluasi dalam Dunia Pendidikan

30 April 2020   16:20 Diperbarui: 30 April 2020   16:23 59 0 0 Mohon Tunggu...

Pengertian Evaluasi

Evaluasi makna secara bahasa berasal dari bahasa Inggris yakni evaluation yang artinya suatu penilaian atau penafsiran. Evaluasi merupakan penilaian terhadap data-data yang terkumpulkan. Secara garis besar, pengertian evaluasi dalam pendidikan adalah pemberian nilai terhadap kualitas sesuatu.

Evaluasi adalah pengukuran atau perbaikan dalam suatu kegiatan yang dilaksanakan, seperti membandingkan hasil-hasil kegiatan yang telah direncanakan. Dari situlah tujuan evaluasi tersebut agar rencana-rencana yang telah direncanakan dapat mencapai tujuan yang ditetapkan dan dapat terselenggarakan. Dapat diartikan bahwa hasil evaluasi itu sendiri dimaksudkan untuk perencanaan kembali lalu juga berfungsi sebagai administrasi dan juga fungsi manajemen yang terakhir. Yaitu mengkombinasikan dan mengumpulkan data dengan standar yang sesuai dengan tujuan. Dalam pengertian dari evaluasi sendiri terdapat pebedaan dari pakar -- pakar, seperti pengertian berikut ini :

  • Pengertian evaluasi adalah sebuah interpretasi atau penafsiran yang bersumber pada data-data kuantitatif, menurut pengertiannya sendiri kuantitatif merupakan hasil-hasil dari pengukuran.( Sudijono ).
  • Pengertian evaluasi adalah mencari sesuatu yang berharga. Sesuatu yang berharga ini dapat berupa suatu program atau informasi, produksi serta alternatif prosedur tertentu. Evaluasi bukalah merupakan hal baru dalam kehidupan manusia, sebab hal tersebut senantiasa mengiringi kehidupan seseorang. ( Worthen and Sanders ).
  • pengertian evaluasi, secara garis besar, dapat dikatakan bahwa pemberian nilai terhadap kualitas tertentu. Selain dari itu, evaluasi juga dapat dipandang sebagai proses merencanakan, memperoleh dan menyediakan informasi yang diperlukan dalam membuat alternative-alternatif keputusan.( Purwanto ).

Pengertian Penilaian.

            Meskipun evaluasi dan penilaian dalam suatu proses yang sama. Tapi sebenarnya kedua komponen ini memiliki perbedaan yang signifikan. Dari pengertian dari evaluasi sendiri adalah suatu kegiatan atau proses untuk menentukan nilai-nilai, kriteria atau tindakan dalam pembelajaran. Jadi dapat diartikan  penilaian merupakan suatu proses yang terjadi sebelum melaksanakan kegiatan evaluasi.

Jadi penilaian merupakan suatu proses dalam mengambil keputusan dengan menggunakan segala informasi yang diperoleh melalui hasil pengukuran - pengukuran. Dan juga dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara menyeluruh tentang proses dan hasil perkembangan yang telah dicapai dari suatu proses.

Makna Evaluasi dalam Dunia Pendidikan.

Dari pembahasan diatas dapat dimengerti bahwa evaluasi merupakan penilaian terhadap data-data yang telah terkumpulkan. Secara garis besar, pengertian evaluasi dalam pendidikan adalah pemberian nilai terhadap kualitas sesuatu. Yakni penilaian dari proses pembelajaran hingga individu para peserta didik. Selain itu, evaluasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses merencanakan, memperoleh dan menyediakan informasi yang nantinya akan sangat diperlukan. Sehingga membentuk suatu proses evaluasi yang sistematis, menentukan atau membuat keputusan sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah di capai oleh siswa.

Dengan diadakannya evaluasi, sebuah kualitas pendidikan dapat diketahui, serta dapat mengetahui titik kelemahan, sehingga bisa mencari jalan keluar untuk menuju perubahan yang menjadi lebih baik. Dalam pendidikan tanpa adanya evaluasi tidak akan mengetahui seberapa jauh keberhasilan dalam penyampaian pembelajaran dan tercapainya tujuan pendidikan sesuai dengan tujuan yang dimiliki

Jenis -- jenis dari Evaluasi.

Setelah membahas tentang pengertian dari evaluasi secara umum maupun menurut para ahli atau pakar, maka harus juga di perhatikan bahwa, evaluasi ini sendiri memiliki dua jenis yang berbeda. Yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Dan berikut pembahasan tentang kedua evaluasi tersebut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN