Mohon tunggu...
Jarudin
Jarudin Mohon Tunggu... Guru - SD Negeri Kramat 02 Kec. Jatibarang

SD Negeri Kramat 02 Goes to be Inspiratif and Green School #prosesprogressukses #sahabatsalatsantun

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Motivasi Saya Mengikuti Training Guru Melek IT (DOGMIT) Angkatan 1 Tahun 2018

25 Januari 2018   14:19 Diperbarui: 25 Januari 2018   14:25 798
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Nama saya Jarudin, S.Pd.SD, saya bekerja sebagai Guru di SD Negeri Kramat 02 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Saya sudah 2 kali mengikuti kegiatan DOGMIT inii dan Tahun ini yang ketiga kali saya mengikutinya. Pertama materi Focusky, kedua materi Whiteboard Animation dan yang ketiga, yang sedang saya ikuti yaitu materi Powerpoint Edugame.

Sebagai seorang guru saya juga ingin berupaya meningkatkan kemampuan saya di bidang IT. Hal ini sejalan dengan makin pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi terutama pemanfaatan aplikasi computer. Berbagai inovasi pembelajaran di kelas juga perlu mendapat perhatian serius agar pembelajaran lebih menarik dan memotivasi siswa lebih giat belajar. Perangkat computer telah tersedia. 

Sekarang bagaimana kita bisa memaksimalkan pemanfaatan perangkat tersebut bisa mendukung pembelajaran sebagaimana sudah menjadi tugas kita sebagai seorang guru. Kurangnya kemampuan dalam menggunakan aplikasi computer ini memotivasi saya untuk mengikuti Diklat Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia yang dibimbing langsung oleh Pak Sukani. 

Alhamdulilah dengan bekal motivasi tersebut saya berhasil mengikuti Diklat tersebut sebanyak 3 kali. Ini tidak berhenti sampai di sini. Banyak kendala dalam mempelajari dan mempraktekannya diantaranya waktu, karena banyaknya pekerjaan di sekolah. Dan yang lebih sering saya alami itu adalah rasa malas. Rasa malas ini yang menjadi hambatan saya dalam mempraktikkan materi hasil diklat.

Motivasi lain adalah peserta diklat dari berbagai provinsi yang bergabung di forum diklat dan memperlihatkan  hasil kerja mereka yang luar biasa ini merupakan motivasi bagi diri saya untuk selalu melakukan inovasi dan kreativitas dalam pemanfaatan IT sebagai media pembelajaran. Kalau mereka bisa mengapa saya tidak bisa. Ini kalimat yang memotivasi saya untuk terus berkarya. Melalui forum diklat ini bisa saya ketahui bahwa mereka diluar sana mempunyai dedikasi dan semangat yang tinggi untuk terus berkembang dan berkembang mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dukungan dari keluarga, teman seprofesi dan masyarakat juga ini menjadi motivasi saya dalam mengikuti diklat guru melek IT (DOGMIT) ini. Hasil dari kegiatan Diklat ini bisa dirasakan mereka. Sebagai contoh ketika saya menggunakan Focusky, whiteboard Animation dalam pembelajaran/presentasi saya mereka begitu antusias dan fokus. Nah ... secara normal ketika kita bisa memberikan hal baru dan menarik mereka tentu akan menghargai kita. 

Nah inilah motivasi tersendiri sebagai rasa puas bisa memberikan hal baru dan menarik. Dan sudah tidak rahasia lagi bahwa seorang guru di tengah masyarakat itu dianggap sebagai orang yang serba bisa. Hal ini pula memotivasi saya untuk selau berinovasi dan berbuat baik. Ingatlah bahwa berbuat baik/memberikan suatu kebaikan itu akan menempatkan kita pada Rahmat Allah SWT. Semoga apa yang saya lakukan bisa bermanfaat terutama bagi diri saya sendiri dan bagi orang lain pada umumnya.

 Dari uraian di atas dapat saya simpulkan bahwa motivasi saya dalam mengikuti Diklat Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia adalah 1) Upaya meningkatkan pembelajaran yang lebih menarik 2) Peserta Dogmit yang saling menginspirasi satu sama lain 3) Dukungan dari keluarga, rekan seprofesi dan masyarakat. Dalam kesempatan ini pula saya ingin menyampaikan kesan saya mengikuti Diklat Guru Melek IT ini. 

Saya sangat senang mengikuti diklat ini karena system tutorialnya walau jarak jauh namun serasa begitu dekat. Video tutorial dibuat sederhana jelas dan praktis, sehingga saya dan juga bagi pemula sekalipun, dapat mengikuti dengan baik. Saran saya Bagi Rekan-rekan guru se Indonesia yang ingin belajar dengan cepat menguasai materi aplikasi computer terpilih di DOGMIT Indonesia inilah salah satu alternatifnya. Terima kasih kepada Pak Sukani selaku owner sekaligus tutor DOGMIT yang luar biasa ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberi Rahmat kepada beliau, yang telah menebarkan kebaikan bagi dunia pendidikan Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun