Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Transformasi Nilai-nilai Pancasila sebagai Ideologi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

1 Oktober 2022   20:26 Diperbarui: 1 Oktober 2022   20:28 440 15 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
01 Oktober sebagai hari kesaktian Pancasila untuk meneguhkan nilai dan spirit ke-Indonesia-an, Sumber : detik.com

"Ideologi Pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hakekatnya sudah final dan tidak ada perdebatan lagi didalamnya sebab isi dan nilai dalam Pancasila sudah mencakup seluruh kepentingan dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara"

Persoalannya bukan ideologinya yang keliru atau salah, namun nilai, penerapan dan pemahaman kita sebagai bangsa yang besar kerap keliru memahami isi dan nilai-nilai yang terkandung dalam Ideologi Pancasila, sehingga dalam konstek penerapannya kerap memunculkan situasi dan kondisi yang debatable.

Pentingnya Penguatan Ideologi Pancasila dalam negara yang majemuk ini. Indonesia sebagai negara yang terdiri dari ribuan Pulau, dan banyaknya suku, budaya, adat, keyakinan, hidup dalam kebhinekaan, berbeda-beda namun tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Dalam beberapa waktu yang lalu, salah satu pejabat Negara, yakni ketua Dewan Perwakilan Rakyat kabupaten Lumajang, harus memundurkan diri karena tidak hafal Pancasila, sehingga ditengarai ketika tidak hafal Pancasila, bagaimana bisa memahami makna yang terkandung dalam Ideologi bangsa dan negara kita.

Disinilah bahwa proses tranformasi nilai menjadi sangat penting akan pemahaman isi yang terkandung dalam Ideologi Negara kita, mulai sila yang pertama sampai pada sila yang kelima, sehingga dengan memahami isi dan kandungan serta makna yang masih membutuhkan penafsiran tersebut, harus dipahami secara komprehensif, sehingga pemahaman dan penerapannya tidaklah keliru dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pemahaman akan nilai-nilai Pancasila ini, hakekatnya sudah termuat dalam pendidikan kewarganegaraan, bahwasanya anak didik mulai dari pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai jenjang Sekolah Menengah Pertama sudah harus diajari betul akan isi dan kandungan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Sehingga pada gilirannya, para generasi penerus bangsa memiliki bekal kuat dan hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Momentum memperingati hari kesaktian Pancasila sebagai Ideologi Negara, mari kita renungkan sejenak satu persatu 5 sila sebagai Ideologi Negara Kita.

1. KeTuhanan Yang maha Esa 

Sebagai Negara yang terdiri dari masyarakat majemuk dan memiliki perbedaan baik suku, bahasa dan agama, sejatinya negara kita adalah Negara yang menganut keyakinan atau agama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan