Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Motivasi Anak untuk Giat Belajar, Bagaimana Caranya?

26 September 2022   06:56 Diperbarui: 26 September 2022   06:57 207 15 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Orang tua tentu berharap anaknya rajin belajar untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya, Sumber : fimela.com

"Menggali kemampuan dan pengetahuan anak, salah satunya adalah belajar, tetapi dalam konstek tersebut anak kerap enggan untuk belajar karena lebih memilih mempergunakan waktunya untuk bermain, karena bermain adalah dunia mereka"

Anak adalah amanah yang menjadi tanggung jawab orang tua secara keseluruhan, mulai dari kebutuhan akan sandang dan papan, juga tentang pendidikannya.

Menjadi harapan orang tua anak bisa tumbuh dengan sehat dan sempurna, serta melalui tahapan atau jenjang pendidikan sesuai dengan usia normalnya, syukur-syukur anak bisa melampaui waktu dalam proses belajar.

Tantangan bagi orang tua menghadapi anak-anaknya dengan karakteristik uniknya, karena masing-masing anak sebagai individu jelas berbeda dengan individu lainnya, dan sudah menjadi rahasia umum, bahwa orang tua tidak boleh menggeneralisasi karakteristik Anak itu sendiri.

Lantas bagaimana orang tua mendorong dan memotivasi anaknya supaya rajin dan giat belajar ? Yuk kita simak beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memotivasi anak-anak supaya giat belajar.

1. Ajari anak disipilin akan waktu belajar 

Tidaklah mudah mengajari anak disiplin akan waktu, karena itu butuh contoh orang tua untuk mendisiplinkan diri, karena anak memiliki kecenderungan mencontoh dan meniru apa yang diperbuat orang tuanya.

Kapan waktu yang tepat bagi anak untuk belajar ? Soal ketepatan waktu belajar ini, sesungguhnya sangat bergantung pada mood anak, namun sudah menjadi kebiasaan waktu yang dibuat belajar itu adalah pada malam hari, karena orang tua bisa mendampingi anak untuk belajar.

Mendampingi anak belajar adalah bagian dari perhatian, cinta dan kasih sayang orang tua terhadap anak-anaknya, dengan diperhatikan, dibimbing, otomatis anak akan lebih dekat dengan orang tuanya, sehingga orang tua memahami betul karakteristik anaknya.

Jika orang tua tidak keberatan, waktu yang tepat untuk belajar sebenarnya sesudah shubuh, karena pada waktu itu baru terbangun dari tidur dan pikiran masih fresh, sehingga belajar untuk menambah pengetahuan akan jauh lebih mudah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan