Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mendikbudristek: 5 Transformasi Masuk PTN, Seperti Apa Skemanya?

10 September 2022   06:11 Diperbarui: 10 September 2022   06:26 136 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim terus melakukan inovasi dalam dunia pendidikan, Sumber : Kompas.com

"Mendikbudristek Nadiem Makarim terus berupaya dengan melakukan inovasi dan perubahan, seiring dengan perkbangan zaman yang harus diterapkan dalam dunia pendidikan, termasuk dengan skema masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)"

Upaya mas Menteri melakukan upaya perubahan juga tidak lepas dari berbagai persoalan yang terjadi dalam dunia pendidikan kita, salah satunya skema masuk perguruan tinggi, yang kerap celahnya dimanfaatkan oleh oknum untuk mengeruk kekayaan dengan cara transaksi dibawah meja.

Perlukah jalur mandiri dihapus? Pasca adanya temuan celah dijalur mandiri dengan proses suap menyuap! Tentu hal tersebut tidak serta Merta harus dihapus, karena celah yang dimainkan oleh oknum sudah banyak yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Skema masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terus menjadi pembenahan dalam sistem pendidikan, salah satunya untuk masuk perguruan tinggi negeri, seperti apa skemanya berikut 5 tranformasi skema masuk perguruan tinggi.

1. Mendorong pembelajaran menyeluruh 

Pembaharuan sistem pembelajaran dengan menerapkan kurikulum merdeka pada satuan jenjang pendidikan, merupakan langkah-langkah inovatif bagi perkembangan pendidikan.

Upaya penyempurnaan kurikulum dari K-13 menjadi kurikulum merdeka dalam satuan sistem pendidikan kita, salah satunya adalah terciptanya proses belajar mengajar menyeluruh sehingga manfaatnya akan dirasakan betul oleh peserta didik.

Pembaharuan dan inovasi dalam sistem pendidikan tersebut diharapkan mampu untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar sehingga tercipta pembelajaran yang menyeluruh dan mampu diterima oleh peserta didik dengan baik, sehingga mendorong terbangunnya kompetensi peserta didik lebih maju.

2. Fokus pada kemampuan Nalar 

Kemerdekaan belajar bagi peserta didik menjadi sebuah keharusan dalam konstek saat ini, sehingga kemampuan nalar adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan atau potensi peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan