Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Mengenal Para Pahlawan dalam 7 Pecahan Uang Rupiah yang Baru Diluncurkan oleh Bank Indonesia

19 Agustus 2022   10:36 Diperbarui: 19 Agustus 2022   12:10 555 25 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pecahan uang rupiah yang di keluarkan oleh Bank Indonesia terdiri dari uang pecahan, 1.000, 2.000, 5.000, 10.000, 20.000, 50.000 dan 100.000, sumber: pikiran-rakyat.com

"Bersamaan dengan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia, Bank Indonesia Luncurkan uang baru sebanyak 7 lembar dengan pecahan mulai dari seribu, dua ribu, lima ribu, sepuluh ribu, dua puluh ribu, lima puluh ribu dan seratus ribu"

Momentum hari ulang tahun Negara Republik Indonesia yang jatuh pada hari Rabu (17/08) Bank Indonesia Luncurkan uang baru yang berbeda dari uang sebelumnya.

Uang kertas yang di luncurkan Oleh Bank Indonesia, resmi diluncurkan oleh Menkeu Sri Mulyani Indrawati Dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada kamis (18/08).

Peluncuran uang kertas baru, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari rangkaian momen HUT RI Ke 77, meski tidak memiliki perbedaan yang signifikan dari uang sebelumnya, namun uang baru yang diluncurkan tingkat keamanannya lebih terjamin dan tidak mudah untuk dipalsukan.

Momen Memperingati HUT RI ke 77 Tahun, Ada tujuh lembar uang kertas baru dengan gambar para tokoh pahlawan Nasional yang berbeda mulai dari pecahan uang seribu sampai pecahan seratus ribu.

Siapa saja tokoh pahlawan Nasional yang di letakkan di gambar uang pecahan yang baru,mari kita simak satu persatu di bawah ini.

1. Uang pecahan Seribu

Dikutip dari lama kompas.com, pada pecahan uang seribu merupakan tokoh Nasional yang telah berhasil mengusir Penjajah Belanda dari negeri ini, yakni Tjut Meutia bagian depan dan Tari Tifa, Pemandangan Alam Banda Neira dan Bunga Anggrek Larat.

Dikutip dari Wikipedia.org, Tjoet Nyak Meutia (15 Februari 1870 – 24 Oktober 1910) adalah pahlawan nasional Indonesia dari daerah Aceh. Ia dimakamkan di Alue Kurieng, Aceh. Ia menjadi pahlawan nasional Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964 pada tahun 1964.

Tjut Nyak Meutia gugur dalam Medan juang melawan penjajah Belanda, dan Gambar Tjut Nyak Meutia di abadikan dalam pecahan Uang Seribu rupiah yang menjadi alat transaksi bagi masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan