Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

"Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan"

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Merdeka di Siang Hari, Sengsara pada Malam Hari

16 Agustus 2022   13:02 Diperbarui: 16 Agustus 2022   13:04 165 17 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemerataan energi Listrik sangatlah penting dalam kehidupan ini, dan masih banyak desa-desa di pelosok negeri ini yang masih belum teraliri listrik secara merata, sumber : BBC.com

"Merdeka di siang hari, dan sengsara pada malam hari"  Masih menjadi PR bagi pemerintah dalam hal ini Pembangkit Tenaga Listrik akan adanya pemerataan pada daerah-daerah terpencil yang cukup jauh dari akses energi listrik, sehingga masyarakat di pelosok juga menikmati kekayaan negeri ini"

Menginjak 77 tahun bangsa kita menyatakan kemerdekaannya tertanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan 17 Agustus 2022, suatu proses dan perjalanan yang cukup panjang bagi bangsa kita hingga sampai saat ini.

Persatuan dan kesatuan dan kebhinekaan ditengah masyarakat multikulturalisme, menjadi semangat dan spirit kita untuk bangkit bersama, dan bangkit lebih cepat, seperti Jargon bangsa kita saat ini Pulih lebih cepat dan pulih lebih kuat.

Recover together, Recover Stronger tidak hanya sekedar Jargon saja, namun harus mampu diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Masih banyak persoalan yang menjadi PR kita bersama, mulai dari problem ekonomi, pendidikan, kesehatan, pertanian, sosial budaya, hukum, dan masih banyak lainnya.

Memasuki tahun yang ke 77 kemerdekaan Bangsa Indonesia, ditengah ancaman krisis pangan Global, Indonesia masih terbilang menjadi raksasa ekonomi yang cukup diperhitungkan, faktanya stabilitas dan kondusifitas regulasi dalam negara kita masih stabil dan menjadi apresiasi kita bersama.

Tetapi dibalik adanya kemajuan dan kemegahan di Negeri kita yang berkembang cukup pesat, masih cukup banyak masyarakat yang termarginelkan dan masuk dalam kategori kemiskinan sebab pemerataan masih belum terlampaui.

Penulis istilahkan "Merdeka Disiang Hari, Sengsara dimalam Hari", masih terjadi di pelosok negeri ini. Masih cukup banyak kampung-kampung dan desa-desa yang belum terlaris listrik secara merata, terutama daerah yang terpinggirkan dan jauh dari akses.

Sementara daerah yang masih belum maksimal soal energi listrik ini ada yang menggunakan tenaga Surya, genset, dan alat penerang lainnya, sehingga pada malam hari yang ada kegelapan, tanpa bisa beraktifitas lebih maksimal lagi.

Dikutip dari laman ESDM.go.id, Pada Tahun 2021, daerah di propinsi Kalimantan Utara masih ada 306 desa yang belum menikmati aliran Listrik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan