Mohon tunggu...
Faisol
Faisol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Lahir di Jember - Jawa Timur, Anak ke 2 dari enam bersaudara.

Instagram : akhmadf_21 Twitter : @akhmadf21

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Stop Bullying! Mental Anak Harus Dijaga dan Diperhatikan!

25 Juli 2022   18:10 Diperbarui: 25 Juli 2022   18:14 501
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apapun bentuknya, perilaku bullying tidak bisa dibenarkan, sebab sudah banyak kasus bullying yang menyebabkan depresi dan menciutnya mental, sumber: liputan6.com

"Stop Bullying, mental anak harus dijaga dan diperhatikan"

Kasus bullying masih menjadi kasus yang mengerikan terhadap pembangunan mental anak, dimana mental anak yang seharusnya ceria dan bahagia, akibat Bullying bisa berubah 180 derajat, menjadi anak pemurung dan mental anak akan sangat terganggu.

Kasus bullying di beberapa daerah masih menjadi perbincangan para praktisi pendidikan, serta Komnas perlindungan anak, terkait semakin maraknya kasus bullying yang dilakukan oleh teman yang lebih tua dan teman sebayanya.

Apa yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah, pengelola atau penyelenggara pendidikan, serta orang tua siswa untuk mencegah atau mengantisipasi kasus bullying ini?

Tiga komponen penting dalam proses penyelenggaraan pendidikan, memang tidak akan pernah lepas peran besar pemerintah terhadap kemajuan sebuah lembaga pendidikan, sebagai wahana membangun SDM yang unggul.

Disamping ada pemerintah, pengelola pendidikan, serta dewan guru dan orang tua siswa, memiliki rasa tanggung jawab bersama, meski berbeda Tupoksinya. 

Tiga elemen antara pemerintah, penyelenggara pendidikan dan orang tua siswa, merupakan kesatuan tak terpisahkan untuk mendorong dan mendukung terhadap kesuksesan anak didik dalam proses belajar.

Peran tiga elemen yang saling terkait itu, pastinya akan mendukung dan mendorong suatu lembaga pendidikan untuk menyelenggarakan proses belajar anak dengan ditunjang sarana dan prasarana yang memadai, sehingga tujuan dan target yang hendak dicapai oleh pengelola dan pelaksana dalam proses belajar anak bisa tercapai dengan maksimal.

Untuk memaksimalkan proses belajar mengajar di suatu lembaga pendidikan, disamping tersedianya sarana dan prasarana, situasi dan kondisi disekolah atau lembaga pendidikan mampu memberikan pelayanan dan keamanan terhadap peserta didik dengan baik, sehingga adanya perilaku yang menyimpang bisa segera diatasi, dan dicegah sedini mungkin.

Para orang tua menitipkan putra/putrinya untuk belajar dan menimba pengetahuan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun